Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admin. Metode pembelajaran ber-basis proyek (project based learning). [Online]. Tersedia : http://digilib.sunan-ampel. ac.id/files/disk1/151/hubptain-gdl- ellyik asus-7509-3-babii.pd f [15 Desember 2019]
Arikunto, S, Suhardjono dan Supardi. (2008) Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Yogyakarta: DIVA Press.
Aqib, Zaenal dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Bulqini, Apiet. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Penyajian Data Statistika Dalam Upaya meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP. [Online]. Tersedia : https://jurnal.unsil.ac.id [10 Juli 2021]
Fikri. (2010). Penelitian tindakan kelas (classroom action research). [Online]. Tersedia : http://pakguruo nline.pe nd id ika n. net/ [15 Desember 2019]
Dimyati dan Mudjiono. (2005). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Inayah, S.(2017). Implementasi Permbelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Kependidikan, XVIII(1), 83-91.
Kennedi, Jhon. dkk. (2018). Desain pembelajaran penyajian data dengan model project based learning di kelas VII SMP. [Online]. Tersedia : callforpapers.uksw.edu/index.php/semsains/fsm2018/schedConf/presentations [10 Juli 2021]
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Maizon, H. (2010). Pembelajaran Quantum Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika dan Motivasi Siswa. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan
Moursund, D., Bielefeldt, T., Ricketts, R., & Underwood, S. (1997). Effect Practice:Computer Technology in Education. Eugene, OR: ISTE.
Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Mathematical representation ability through geogebra-assisted project- based learning models. Journal of Physics : Conference Series, 1657(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019
Septian, A., Ramadhanty, C. L., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2021). Mathematical problem solving ability and student interest in learning using google classroom. Prosiding International Conference on Education of Suryakancana, 1(1), 155–161.
Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. PRISMA, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.22
Solekhah, Iis. dkk. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas II SD. [Online]. Tersedia : https://jurnal.fkip.uns.ac.id [10 Juli 2021]
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosda-karya.
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media pembelajaran online berbasis geogebra sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika. Prisma, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929
Sutawijaya, A & Dahlan, J.A. (2011). Pembelajaran matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The ability of understanding mathematical concept and self-regulated learning using macromedia flash professional 8. Journal of Physics : Conference Series, 1657(1), 012074. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074
Wahidmurni, dkk. (2010). Evaluasi pembelajaran: kompetensi dan praktik . Yogyakarta: Nuha Letera.
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 PRISMA
Prisma Indexing :Â
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.