Efektivitas Model Reciprocal Teaching dengan Heuristik-KR: Pengaruh Terhadap Kemampuan Representasi dan Self Confidence

Elsa Widya Asri, Achi Rinaldi, Rizki Wahyu Yunian Putra, Nurhasanah Leni, Ahmad Sodiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi heuristik krulik rudnick terhadap kemampuan representasi matematika dan self confidence. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Krui. Populasinya adalah peserta didik kelas VIII dan sampel penelitian adalah kelas VIII B dengan jumlah 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi heuristik krulik rudnick dan kelas VIII A yang jumlah 28 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran direct instruction. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan representasi matematika dan angket self confidence. Analisis data menggunkan uji Manova. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan representasi matematika dan self confidence menggunakan model reciprocal teaching dengan strategi heuristik krulik rudnick. Efektivias penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi heuristik krulik rudnick lebih efektif terhadap kemampuan representasi matematika dan self confidence, ditunjukkan dari effect size yang diperoleh termasuk dalam kategori tinggi.


Keywords


reciprocal teaching; heuristik krulik rudnick; representasi matematika; self confidence

Full Text:

PDF

References


Artiah, & Untarti, R. (2017). Pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 6 Purwokerto. AlpaMath, 3(1).

Astriani, L. (2017). Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Fibonacci, 3(1).

Astuti, W. (2018). Pengaruh model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Serang: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPI.

Deswantari, E., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2020). Representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika materi poligon. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01).

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (trend in international mathematics and science study). Tasikmalaya: Prosidir Seminar Nasional & Call for Paper.

Kadir, Musyrifah, E., & Safitri, R. D. (2019). Pengaruh strategi heuristik krulik rudnick berbasis etnomatematika terhadap kemampuan representasi geometri. AJME, 1(2), 146–155.

Misel, & Suwangsih, E. (2016). Penerapan pendekatan matematika relistik untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metodi DIdaktik, 10(2).

Muslimah, N., Putra, R. W. Y., & Maskyur, R. (2021). Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self confidence peserta didik. MAJU, 8(1), 49–59.

Nuryanti, S., Saepudin, E., Hutajulu, M., & Herdiana, H. (2019). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa SMP dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning. Prisma, 8(1), 36. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.381

Purwansih, R. (2015). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan self confidence siswa mts di kota cimahi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Didaktik, 9(1), 16–25.

Rinaldi, A., Novalia, S. ., & Syazali, M. (2021). Statistika inferensial untuk ilmu sosial dan pendidikan. PT Penerbit IPB Press.

Risdianti, A., Kartono, K., & Masrukan, M. (2019). Pengaruh corrective feedback dalam pembelajaran auditory intellectually repetition ( AIR ) pada pencapaian kemampuan representasi matematis siswa. PRISMA, 2, 10–15.

Rizkiani, A., & Septian, A. (2019). Kemampuan metakognitif siswa smp dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistic mathematics education ( RME ). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–284.

Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis materi bangun ruang ditinjau gaya kognitif siswa menengah pertama. PRISMA. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1043

Rosdianti, I., Alfiyah, N. F., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematik dan self confidence siswa SMP melalui model pembelajaran think pair share. Desimal:Jurnal Matematika, 2(3), 289–295.

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Mathematical representation ability through geogebra-assisted project-based learning models. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019

Septian, Ari, Komala, E., & Komara, K. A. (2019). Pembelajaran dengan model creative problem solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. 8(2), 182–190.

Siregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas model pembelajaran CUPs: dampak terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 05(2), 233–243.

Sudana, D. (2017). Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan self confidence matematis siswa sma. Bandung: FKIP Universitas Pasundan.

Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis validitas reabilitas tingkat kesukaran dan daya beda pada butir soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran matematika. Al-Jabar:Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203–217.

Villages, J. L., Castro, E., & Gutierrez, J. (2009). Representations in problem solving: a case study with optimization problems. Electronic Journal of Reseach in Education Psychology, 17(7), 279–306.

Zuliyanti, P., & Pujiastuti, H. (2020). Model contextual teaching learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Prisma, 9(1), 98. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.899




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.