Pengembangan Soal Matematika Tipe PISA Menggunakan Konteks Wisata Banyumas dan Cilacap

M Noviarsyah Dasaprawira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika tipe PISA menggunakan konteks wisata banyumas dan cilacap yang valid dan praktis. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian design research dengan tipe development study. Penelitian ini terdiri dari tahapan utama yaitu prelimininary terdiri dari persiapan dan desain sedangkan formative Evaluation terdiri dari self evaluation, expert reviews, one-to-one  , dan field Test. Penelitian ini menghasilkan 7 unit soal yang valid dan praktis dan terdapat 12 soal yang telah dikembangkan. Kriteria valid pada soal ini dilihat dari aspek konten, konstruk, dan bahasa, sedangkan aspek kepraktisan dilihat dari hasil small group dimana soal dengan konteks yang dikenali siswa. Sehingga guru memilki refrensi soal untuk digunakan dalam persiapan AKM.


Keywords


pendidikan; PISA; AKM

Full Text:

PDF

References


Akker, V.D.,. (1999). Principles and Methode of development Research London. Dlm. Van Den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pyt)â€. Design approaches and tools in ducational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Afriyanti, I., Wardono., & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA melalui Pembelajaran Abad ke-21 Berbasis Teknologi.

Dasaprawira, M. N., Zulkardi., & Susanti, E. (2019). Developing Mathematics Wuestions of PISA Type Using Bangka Context. Journal Mathematics Education. 10(2). 303-314.

Dasaprawira, M. N., & Aspriyani, R. (2020). Pengembangan soal Matematika tipe PISA menggunakan konteks Puri Tri Agung. Epsilon. Vol. 2 No. 1. 35-42

Fajriyah, M., Putri, R.I.I., & Zulkardi (2017). Dayung Context in Fraction. Proceedings of the 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (pp. 1-6).

Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat. https://doi.org/seadric-17.2017.1

Jurnaidi dan Zulkardi. (2013). Pengembangan Soal Model Pisa Pada Konten Change and Relationship Untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Volume 7 No.2 Juli 2013 . hal 37-54. FKIP Universitas Sriwijaya.

Kemendikbud. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ninik, C., Zulkardi., & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20(2), (198-207).

Novita, R., Zulkardi., & Hartono, Y. (2012). Exploring primary students’s problem- solving ability by doing tasks like PISA’s questio. IndoMS. J.M.E, 3(2), 133-150

OECD. (2009). Learning Mathematics for Life: A Perspective from PISA. Paris: OECD. Publishing.

OECD. (2010). PISA 2012 assessment and analytical framework: mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. German: OECD Publishing.

OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Frameworks : Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. PISA, Paris : OECD Publishing.

OECD (2018), PISA 2018 Draft-Framework. New York : Columbia University

Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, 1, 381–387

Stacey, K. (2014). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia.Journal on Mathematics Education, 2(02), 95-126.

Septian, A., Komala, E., & Komara, K. A. (2019). Pembelajaran dengan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana

Suryadinata, N. (2020). Membiasakan Siswa dngan Soal Matematika PISA. Seminar Nasional Pendidikan ke-3 FKIP universitas Lampug 2020 .

Tessmer, M. (1998). Planning and conducting formative evaluations: improving the quality of education and training. London: Kogan Page

Zulkardi (2002) Zulkardi, (2002). Developing learning on realistic mathematics education for Indonesian students teachers. Doctoral dissertation. Enschede: University of Twente, Enschede. The Nederland. (Online). Tersedia: http://doc.utwente.nl/58718/1/thesis_Zulkardi.pdf. diakses 7 Januari 2015




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.