Geogebra pada Aplikasi Sigil sebagai Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika

Riska Fitriana, Achi Rinaldi, Suherman Suherman

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul pembelajaran matematika berbasis aplikasi sigil berbantuan geogebra pada peserta didik SMP/MTs kelas VIII, dan untuk mengetahui respon peserta didik dan pendidik terhadap e-modul pembelajaran matematika berbasis aplikasi sigil berbantuan geogebra. Jenis penelitian yang dilakukan adalah dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini, yaitu non tes. Instrumen-instrumen ini diberikan sesuai dengan subjek pada penelitian pengembangan. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, serta respon peserta didik,dan respon guru terhadap bahan ajar e-modul pembelajaran matematika pada materi lingkaran SMP kelas VIII. Hasil dari kelayakan oleh validator ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa terhadap e-modul memperoleh kriteria sangat layak digunakan, dan hasil kemenarikan e-modul yang diperoleh dari  data angket peserta didik dengan jumlah 80 responden, terdiri dari uji kelas kecil, dan kelas besar memperoleh kriteria sangat menarik. Sehingga dapat disimpulkan e-modul pembelajaran matematika berbasis aplikasi sigil berbantuan geogebra pada peserta didik SMP/MTs kelas VIII pada materi lingkaran memberikan hasil yang baik dan layak untuk digunakan


Keywords


E-modul; Sigil; GeoGebra

Full Text:

PDF

References


Andriani, Ade, Izwita Dewi, dan Budi Halomoan. (2018). Development of Mathematics Learning Strategy Module, Based on Higher Order Thinking Skill (Hots) To Improve Mathematic Communication And Self Efficacy On Students Mathematics Department. Journal of Physics: Conference Series 970 (Maret): 012028.

Apriyanto, M. Tohimin, dan Rivan Azizul Hilmi. (2019). Media Pembelajaran Matematika (Mobile Learning) Berbasis Android. Dalam Seminar & Conference Proceedings of UMT.

Ardiyanta, Anggara Sukma, Dwi Agus Sudjimat, dan Partono Partono. (2014). Pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik Sebagai Bahan Ajar Guru Program Produktif Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya 35 (2).

Astria, Nurfajrin. (2019). Essay Kajian Kronologis Dan Dampak Penggunaan Dan Perkembangan Teknologi Informasi. Jurnal Inovasi 13 (1).

Cikarge, Ghia Pisti, dan Pipit Utami. (2018). Analisis dan Desain Media PEmbelajaran Praktik Teknik Digital sesuai RPS. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 3 (1).

Darma, Rio Sandhika, Ahdika Setyadi, Insih Wilujeng, Jumadi, dan Heru Kuswanto. (2019). Multimedia Learning Module Development Based on SIGIL Software in Physics Learning. Journal of Physics: Conference Series 1233 (Juni): 012042.

Fausih, Moh. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan ‘Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)’ Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 5 (3).

Hanifah, Hanifah, Nanang Supriadi, dan Rany Widyastuti. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.

Hidayat, Riki. (2015). Analisis Manajemen Penyiaran di Era Teknologi Informasi (Konvergensi Media). Konvergensi 1 (1).

Imansari, Nurulita, dan Ina Sunaryantiningsih. (2017). Pengaruh penggunaan e-modul interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kesehatan dan keselamatan kerja. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 2 (1).

Ismuwardani, Zakiyah, Agus Nuryatin, dan Mukh Doyin. (2019). Implementation of Project Based Learning Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Students on Poetry Writing Skills. Journal of Primary Education 8 (1).

Koparan, Timur. (2017). Analysis of Teaching Materials Developed by Prospective Mathematics Teachers and Their Views on Material Development. Malaysian Online Journal of Educational Technology 5 (4).

Laili, Ismi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 3 (3).

Larasati, Anggia Dwi, Agil Lepiyanto, Agus Sutanto, dan Triana Asih. (2020). Pengembangan E-Modul Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Sistem Respirasi. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi 4 (1).

Liana, Yeni Rima, Ellianawati Ellianawati, dan Wahyu Hardyanto. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2:926–32.

Mardiah, Siti, Rany Widyastuti, dan Achi Rinaldi. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika 1 (2): 119–26.

Mauladaniyati, R., dan D. Kurniawan. (2018a). GeoEnzo Utilization as Mathematics Learning Media with Contextual Approach to Increase Geometry Understanding. Journal of Physics: Conference Series 1132 (November): 012035.

Mauladaniyati, R, dan D Kurniawan. (2018b). GeoEnzo Utilization as Mathematics Learning Media with Contextual Approach to Increase Geometry Understanding. Journal of Physics: Conference Series 1132 (November): 012035.

Mocanu, Elena Madalina, dan Alecxandrina Deaconu. (2017). The Use of Information and Communication Technology (ICT) as a Teaching Method in Vocational Education and Training in Tourism. Acta Didactica Napocensia 10 (3).

Pratama, Miko, Asni Johari, dan Jefri Marzal. (2018). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Potensi Daerah Kerinci pada Materi Plantae dan Animalia. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 7 (2).

Pratama, Ramadhana Agung, Saida Ulfa, dan Dedi Kuswandi. (2018). Mobile Learning Berbasis Game Based Learning Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3 (6).

Prayitno, Trio. (2017). Pengembangan Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi. Biota 3 (Januari): 31.

Rahmawati, Nurul Alifah. (2018). Penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan sumber informasi di perpustakaan. LIBRIA 9 (2).

Rahmawati, Septi. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ebook Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Berbasis Kontekstual Untuk Smk. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 7 (3).

Restendy, Mochammad Sinung. (2020). Dinamika Produksi Media Cetak Dan Tantangan Industri Pers Di Indonesia. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 1 (2).

Rezalia Dewi, Devita. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Materi Jurnal Khusus Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach Sebagai Sumber Belajar Alternatif Kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 5 (2).

Rosida, Rosida, Noor Fadiawati, dan Tri Jalmo. (2017). Efektivitas penggunaan bahan ajar e-book interaktif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika 5 (1).

Ruddamayanti, Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca. Dalam Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. Vol. 12.

Safitri, Ida. (2015). Pengembangan E-Module Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Flipbook Maker Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 6 (2).

Satriawati, Helna. (2015). Pengembangan E-Modul Interaktif sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi. UniversitasNegeri Yogyakarta.

Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(September), 511–520.

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Mathematical representation ability through geogebra-assisted project-based learning models. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019

Tazkiyyaturrohmah, Rifqy. (2018). Eksistensi Uang Elektronik Sebagai Alat Transaksi Keuangan Modern. Muslim Heritage 3 (1).

Ula, Iin Rahmatul, dan Abi Fadila. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika 1 (2).

Utami, Taza Nur, Agus Jatmiko, dan Suherman Suherman. (2018). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) Pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika 1 (2): 165–72.

Uyun, Qurrotul, Iis Holisin, dan Febriana Kristanti. (2017). Pengembangan Media Handout Segitiga dengan Model Problem Based Instruction. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology 2 (1).

Wijayanti, Ni Putu Ayu, Luh Putu Eka Damayanthi, I. Made Gede Sunarya, dan I. Made Putrama. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital untuk Siswa Kelas X Studi Kasus di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 13 (2).

Winarko, Adhin Setyo. (2013). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Poei (Prediksi, Observasi, Eksperimen, Interpretasi) Pada Materi Sistem Indra Kelas Xi Sma Negeri 3 Ponorogo. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 3 (01).

Winatha, Komang Redy. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 15 (2).

Winaya, I. Kadek Adi, I. Gede Mahendra Darmawiguna, dan I. Gede Partha Sindu. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan teknologi dan kejuruan 13 (2): 198–211.

Yumarni, Asmara. (2019). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Teknologi Informasi. JOEAI: Journal of Education and Instruction 2 (2): 112–26.

Yuswanti, Tutut Umi. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Menggunakan Sigil Materi Teks Eksplanasi Untuk Siswa Kelas Xi Di Smk Brantas Karangkates 8 (1).




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

      

  

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.