Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis

Lutfiatul Khofifah, Nanang Supriadi, Muhammad Syazali

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep, pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dan pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sumber Jaya. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Experimental Design, dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasinya adalah peserta didik kelas XI dan sampel penelitian adalah XI IPA 1 berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen 1 dengan penerapan model flipped classroom,  XI IPA 2 berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen 2 dengan penerapan model discovery learning, dan XI IPA 3 berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan penerapan model direct instruction. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji Manova dan dilakukan uji lanjutan menggunakan uji Tukey. Penelitian ini menghasilkan adanya pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep, adanya pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan adanya pengaruh model pembelajaran (flipped classroom dan discovery learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis.


Keywords


discovery learning; flipped classroom; pemahaman konsep; pemecahan masalah matematis

Full Text:

PDF

References


Alanda, Y., Mustangin, & Hasana, S. N. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis melalui Model Flipped Classroom dengan Media Edmodo pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JP3, 14(6), 24–32.

Argikas, T. B., & Khuzaini, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Depok. Jurnal Mercumatika, 1(1), 67–79.

Astuti, D. (2016). Kemampuan Pemahaman Matematis melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Development ( STAD ). Journal of Mathematics Education, 2(1), 79–89.

Caprio, R. R., Noer, S. H., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matemaika, 7(5), 630–644.

Fikri, S. A. (2019). Flipped Classroom terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Prosiding Sendika, 5(1), 325–330.

Hayati, R. (2018). Flipped Classroom dalam Pembelajaran Matematika : Sebuah Kajian Teoritis. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, “ Integrasi Budaya, Psikologi, dan Teknologi dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Matematika dan Pembelajarannya .”

Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. PRISMA, 8(1), 68. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648

Ismiati, I., Sarwi, S., & Marwoto, P. (2020). Pola dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik melalui Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Proyek. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 115–123. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.1847

Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213–220. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157

Jarwan. (2018). Pengaruh Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa. PROXIMAL, 1(2), 77–89.

Juniantari, M., Pujawan, I. G. N., & Widhiasih, I. D. A. G. (2018). Pengaruh Pendekatan Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA. Journal of Education Technology, 2(4), 197–204. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.17855

Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa pada Kemampuan Pemahaman Matematis melalui Pembelajaran Kontekstual. PRISMA, 7(1), 82. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.361

Karimah, W. (2018). Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 25–32. https://doi.org/10.31941/delta.v6i2.913

Khoirotunnisa’, A. U. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jigsaw Puzzle Map Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Himpunan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas VII Semester 1 MTsN 1 Bojonegoro Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 82–88. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i2.1171

Kusmawati, L., & Ginanjar S, G. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian melalui Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Pembelajaran Matematika di Kelas 3 SDN Cibaduyut 4. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(2), 262–271. https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i2.32

Marantika, A., Handayani, T., & Putri, D. A. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika di SMP Pelita Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 1(2), 161–183.

Monariska, E. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus I. PRISMA, 6(1), 17–31. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.25

Nurhasanah, D. E., Kania, N., & Sunendar, A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics, 1(1), 21–32. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i1.1113

Oakes, D., Davies, A., Joubert, M., & Lyakhova, S. (2018). Exploring teachers’ and students’ responses to the use of a Flipped Classroom teaching approach in mathematics. BSRLM, 38(November), 1–6.

Patrianingsih, E. A., & Kaseng, E. S. (2017). Model Pembelajaran Discovery Learning , Pemahaman Konsep Biologi, dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA Negri 3 Takalar. UNM Journal of Biological Education, 1(1), 31–46.

Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173–179. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2389

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1), 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Septian, A., & Ramadhanty, C. L. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(1), 56–63. https://doi.org/10.30738/wa.v4i1.7782

Sihotang, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Sumbul. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 62–74.

Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika. Al-Jabar:Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203–217.

Syazali, M., & Novalia. (2014). Olah Data Penelitian Pendidikan. Bandar Lampung: Aura.

Trianingsih, A., Husna, N., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA. Variabel, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1026

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566

Widyastuti, R. (2015). Proses Berfikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183–193.

Yulietri, F., Mulyoto, & Agung S, L. (2015). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. TEKNODIKA, 13(2), 5–17.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

      

  

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.