Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk Meningkatkan Keakuratan Dalam Menentukan Jurusan Siswa Di Ma Tanwiriyyah

Sri Widaningsih, Yuli Yuliani

Abstract


Proses penentuan jurusan di MA Tanwiriyyah dilakukan dengan cara tes pada masing-masing siswa, kemudian nilai-nilai tersebut dihitung dan hasilnya dijadikan dasar untuk menentukan jurusan apa yang sesuai untuk siswa. Dalam hal penentuan jurusan terjadi beberapa permasalahan yaitu banyaknya siswa sehingga dibutuhkan waktu yang lama, dalam proses perhitungan yang dilakukan masih menggunakan teknik perhitungan manual dan juga membutuhkan hal penunjang lainnya seperti biaya pengeluaran yang lebih besar untuk membeli kertas dan percetakan soal-soal tes. Hal itu menyebabkan masalah diantaranya terjadi kesalahan dalam keakuratan hasil perhitungan, kesulitan menentukan jurusan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan siswa.

Sistem Pendukung Keputusan penentuan jurusan metode SAW karena metode tersebut merupakan metode yang digunakan untuk mencari alternatif optimal dari sejumlah alternatif dengan penjumlahan  terbobot  dari rating  kinerja  pada  setiap  alternatif, metode ini dinilai cocok untuk permasalahan yang dihadapi karena melibatkan penilaian dari tiap kriteria dan dihasilkan output berupa ranking prioritas.

Sistem Pendukung Keputusan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) berbasis dekstop dibuat sedemikian rupa agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna dan menghasilkan sistem yang membantu pelaksanaan kinerja di instansi, sehingga memudahkan dalam pendataan siswa, memudahkan dalam melakukan tes jurusan, mempermudah dalam penentuan jurusan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan siswa di MA Tanwiriyyah.

Keywords


Sistem pendukung keputusan, Metode Simple Additive Weighting (SAW), Desktop

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v11i1.884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id

 

 

Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagoogleroadcrossref