Implementasi Finite State Automata pada Desain Sistem Dialog Interaktif Non-Player Character dalam Game "Legenda Guardian Kuno"
Abstract
Interaksi antara pemain dan Non-Player Character (NPC) merupakan elemen kunci dalam pengalaman bermain game, terutama dalam genre role-playing game (RPG). Sistem dialog yang adaptif dan responsif dapat meningkatkan imersi dan keterlibatan pemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan konsep Finite State Automata (FSA) dalam sistem dialog NPC pada game "Legenda Guardian Kuno" guna meningkatkan kualitas interaksi dan fleksibilitas percakapan. Model FSA dikembangkan dan diintegrasikan dengan data dialog dalam format JSON, yang memudahkan pengelolaan dan pemeliharaan sistem dialog. Metode penelitian meliputi perancangan model FSA yang merepresentasikan alur percakapan, implementasi kode program menggunakan bahasa Python dengan data dialog disimpan dalam format JSON, serta pengujian fungsionalitas dan validasi sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan FSA efektif dalam mengelola percakapan bercabang, memungkinkan NPC memberikan respons dinamis dan kontekstual berdasarkan pilihan pemain, sehingga meningkatkan imersi dan keterlibatan pemain. Sistem yang dikembangkan mampu mengakomodasi berbagai jalur percakapan yang kompleks, memastikan alur cerita berjalan logis dan konsisten. Penelitian ini menunjukkan bahwa FSA merupakan pendekatan yang efektif dalam pengembangan sistem dialog interaktif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
D. Abdurrohman, “Perancangan Game Lost Forest 3d Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Desktop,” Jati (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 4, pp. 2280–2287, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i4.7483.
M. A. Darmawan, H. Haryanto, and Y. Rahayu, “Perilaku Penyerangan NPC Berbasis Fuzzy Sugeno Pada Game Action-RPG Bertema Sejarah Geger Pacinan,” Creative Information Technology Journal, vol. 4, no. 3, p. 195, 2018, doi: 10.24076/citec.2017v4i3.110.
F. Said, D. Andriyanto, R. Sari, and W. Gata, “Perancangan Validasi Permohonan Narasumber Pada Sistem Informasi Permohonan Narasumber Menggunakan Finite State Automata,” Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, vol. 22, no. 2, pp. 189–196, 2020, doi: 10.31294/p.v22i2.8157.
R. Suharsih and F. Atqiya, “Penerapan Konsep Finite State Automata (FSA) pada Aplikasi Simulasi Vending Machine Yoghurt Walagri,” Edsence, vol. 1, no. 2, pp. 71–78, Dec. 2019, doi: 10.17509/edsence.v1i2.21778.
F. J. Kaunang and J. Waworundeng, “Implementation of Finite State Automata in an Amusement Park Automatic Ticket Selling Machine,” Abstract Proceedings International Scholars Conference, vol. 7, no. 1, pp. 1801–1810, 2019, doi: 10.35974/isc.v7i1.1979.
M. Ernawati, W. Gata, E. H. Hermaliani, L. Kurniawati, and S. Rahayu, “Implementasi Konsep Finite State Automata Pada Desain Game Edukasi Jenis Hewan,” Technologia Jurnal Ilmiah, vol. 13, no. 1, p. 65, 2022, doi: 10.31602/tji.v13i1.6268.
L. Ouedraogo, R. Kumar, R. Malik, and K. Åkesson, “Nonblocking and Safe Control of Discrete-Event Systems Modeled as Extended Finite Automata,” Ieee Transactions on Automation Science and Engineering, vol. 8, no. 3, pp. 560–569, 2011, doi: 10.1109/tase.2011.2124457.
F. Barbanera, I. Lanese, and E. Tuosto, “Choreography Automata,” pp. 86–106, 2020, doi: 10.1007/978-3-030-50029-0_6.
D. S. H. Tobing, “Transformasi Desain Video Game Dari Media Bermain Menjadi Media Ekspresif,” Jommit Jurnal Multi Media Dan It, vol. 6, no. 2, pp. 62–69, 2023, doi: 10.46961/jommit.v6i2.629.
C. N. Alam, “Implementation of Finite State Automata on E-Knows Telegram Chatbot,” Coreid, vol. 1, no. 1, pp. 33–41, 2023, doi: 10.60005/coreid.v1i1.3.
R. D. Pramadya, “Penerapan Non-Deterministic Finite Automata (NFA) Dan Decision Making Menggunakan Algoritma Monte Carlo Tree Search (MCTS) Menentukan Perilaku Non-Player Character (NPC) Pada Game the Last Hope,” Jurnal Coscitech (Computer Science and Information Technology), vol. 4, no. 2, pp. 500–509, 2023, doi: 10.37859/coscitech.v4i2.5419.
H. Brabra, M. Báez, B. Benatallah, W. Gaaloul, S. Bouguelia, and S. Zamanirad, “Dialogue Management in Conversational Systems: A Review of Approaches, Challenges, and Opportunities,” Ieee Transactions on Cognitive and Developmental Systems, vol. 14, no. 3, pp. 783–798, 2022, doi: 10.1109/tcds.2021.3086565.
U. Nurhasan, “Analisis Perilaku Non Playable Character (Npc) Pada Game Menggunakan Fuzzy Sugeno,” Techno Com, vol. 19, no. 3, pp. 308–320, 2020, doi: 10.33633/tc.v19i3.3477.
C. Slaviero and E. H. Haeusler, “A-Games: Using Game-Like Representation for Representing Finite Automata,” 2021, doi: 10.5753/weit.2021.18918.
Y. Yanto, D. Ismunandar, E. Erni, S. Setiawan, and M. I. R. Ihsan, “Desain Game Edukasi Ilmu Tajwid Bagi Anak Usia Dini Menggunakan Pemodelan Finite State Automata,” Edumatic Jurnal Pendidikan Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 80–88, 2021, doi: 10.29408/edumatic.v5i1.3317.
DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v16i2.4828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Media Jurnal Informatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.
©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).
Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id
Media Jurnal Informatika Indexed By: