SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PROSEDUR & MONITORING TUGAS AKHIR SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN KUALITAS TUGAS AKHIR (Studi Kasus Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Suryakancana)

Tarmin Abdulghani, Sarah Samahir Zaenal

Abstract


Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi (pembayaran) harian, mendukung operasi, bersifat manajerial (mengatur) dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang diperlukan.

Metode pengembangan yang digunakan dalam pembuatan website (halaman informasi) ini adalah waterfall model (gambaran suatu proses perangkat lunak yang berdasarkan pada pendekatan ini, digunakan dalam pengembangan sistem perangkat lunak dan perangkat keras yang luas) yang terdiri dari Communication (Hubungan), Planning (Perencanaan), Modelling (Penggambaran), Construction (Kontruksi) dan Deployment (Pengembangan). Sedangkan untuk metoda perancangan sistem yang mana menggunakan alat-alat perancangan seperti Use case (interaksi antara aktor dengan sistem yang akan dibuat), Activity Diagram (gambaran dari prilaku use case dan objek didalam sistem) dan Class Diagram (gambaran untuk memodelkan struktur kelas). Bahasa Pemerograman yang digunakan untuk membuat website (halaman informasi) ini yaitu dengan HTML (Hyper Text Markup Language atau Tanda Bahasa Tulisan Terikat)  dan PHP (Personal Home Page atau Halaman Pribadi).

Kegiatan mentoring (pengajaran) dianggap menjadi salah satu metode monitoring (pemantauan) yang efektif (cepat) yang dapat memudahkan Dosen untuk memonitoring (memantau) kegiatan penyusunan Tugas Akhir.

Dari analisa dan pengamatan yang dilakukan, dapat diketahui bahwa Sistem Informasi Monitoring (pemantauan) Berbasis website salah satu alternatif (cara untuk mencapai tujuan) yang dapat meningkatkan Fakultas Teknik untuk melakukan pencatatan data dan kegiatan Mahasiswa serta nilai dengan masih banyak lagi dengan dukungan berbagai fitur (karakteristik) menarik.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v10i1.476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref