Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Shorof untuk Peningkatan Minat Belajar

Siti Sarah Abdullah, Muhammad Rifqi Muzakki

Abstract


Teknologi telah menjadi alat pembelajaran yang memudahkan siswa untuk belajarlebih menyenangkan, terutama dengan adanya multimedia, media belajar dapat menjadi lebih menarik dan interaktif. Media pembelajaran yang interaktif dapat diterapkan diilmu apapun termasuk materi mengenai ilmu shorof. Ilmu shorof merupakan ilmu yang menjelaskan tata cara mengubah suatu kalimah dari satu bentuk ke bentuk lain dengan maksud menghasilkan makna yang berbeda dalam Bahasa Arab. Dengan adanya media pembelajaran, ilmu shorof dapat dipelajari dengan menarik dan interaktif sehingga siswa dapat lebih semangat belajar dan menyerap ilmu lebih mudah karena tervisualisasi. Penelitian yang dilakukan adalah membuat media interaktif untuk pembelajaran ilmu shorof. Metode yang digunakan yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil dari penelitian yaitu berupa produk media pembelajaran interaktif yang secara efisien membantu siswa untuk meningkatkan minat belajar.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif; Ilmu Shorof; MDLC

References


A. R. Sofa, A. Aziz, C. W. Prasetyandari, and M. Ichsan, “Perkuliahan Bahasa Arab Dasar Ilmu Nahwu Dan Shorof Dengan Wasailul Idhah Pada Pemula Untuk Mengoptimalkan Bi’ah Lughawiyah Di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo,†ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 1, no. 3, pp. 305–310, 2022.

M. A. Sholikha, “Implementasi Metode Manhaji dalam Pembelajaran Nahwu Shorof di Manhaji Course,†Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, vol. 2, no. 1, pp. 179–188, 2018.

R. D. Rahmawati and S. N. Ainun, “Pengaruh Metode Pembelajaran Al Miftah Untuk Meningktkan Pemahaman Ilmu Nahwu Dan Shorof Santri As Salma Bahrul Ulum Tambakberas,†Jurnal Education and Development, vol. 9, no. 3, pp. 200–203, 2021.

U. Syaripudin, Y. A. Gerhana, and H. Hasanudin, “Pembuatan Game Ilmu Shorof (Tashrief) Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab,†JURNAL ISTEK, vol. 6, no. 1–2, 2012.

A. Amini, “ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBENTUK WEB TENTANG MATERI VIRUS UNTUK SMA,†Biolearning Journal, vol. 10, no. 2, pp. 1–5, 2023.

I. A. A. Arsani, “Peran Teknologi Multimedia dalam Menyajikan Konsep-Konsep Kimia pada Tingkat Makroskopis, Mikroskopis, dan Simbolis,†Jurnal Teknodik, pp. 89–94, 2009.

K. S. Mustaghfaroh, F. N. Putra, and R. S. A. Ananingtyas, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan MDLC Untuk Materi Benda dan Perubahan Sifatnya,†Journal Automation Computer Information System, vol. 1, no. 2, pp. 100–109, 2021.

L. Fitriani, D. D. S. Fatimah, and S. Novitasari, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Bahasa Inggris untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Android,†Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 2, pp. 537–546, 2022.

M. D. Mendoza, O. Y. Hutajulu, and H. Fibriasari, “The Utilization of Artificial Intelligence Based Chatbot in Interactive Learning Media,†Journal of Engineering Education Transformations, vol. 37, no. 2, 2023.

N. Sitompul, “Multimedia Development Life Cycle Method In Village Infographic Video,†Jurnal Mantik, vol. 6, no. 2, pp. 2431–2439, 2022.

A. C. L. Luther, Authoring Interactive Multimedia (The IBM Tools Series). Morgan Kaufmann Pub, 1994.

S. Sodikin, Y. Efendi, and Y. Yatimollah, “Implementation of the Multimedia Development Life Cycle in Making Educational Games About Indonesia,†CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), vol. 8, no. 2, pp. 595–606, 2023.

F. N. Kumala, A. Ghufron, P. P. Astuti, M. Crismonika, M. N. Hudha, and C. I. R. Nita, “MDLC model for developing multimedia e-learning on energy concept for primary school students,†in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing, 2021, p. 012068.

D. Maulana, A. Firmansyah, and S. Mawarni, “Implementasi Metode Multimedia Development Life Cycle pada Game Visual Novel ‘Sebelum Kamu Membenciku,’†Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, vol. 8, no. 2, pp. 337–351, 2022.

A. N. Rachman, M. A. K. Anshary, and I. N. Hakim, “Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) Pada Aplikasi 3D Bangunan Perusahaan,†CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), vol. 5, no. 2, pp. 204–209, 2020.

Y. Fernando, R. Napianto, and R. I. Borman, “Implementasi Algoritma Dempster-Shafer Theory Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Psikologis Gangguan Kontrol Impuls,†Insearch: Information System Research Journal, vol. 2, no. 02, pp. 46–54, 2022.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v15i2.3843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref