Pengembagan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Metode 4-D Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII Di SMPN 1 Rao Selatan

Reza Niska, Riri Okra, Hari Antoni Musril, Sarwo Derta

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai masalah yang ditemukan penulis seperti penyampaian materi pembelajaran guru belum menggunakan media pembantu yang sesuai dengan perkembangan zaman, di sini masih menggunakan media papan tulis untuk menjelaskan, dan siswa sulit untuk memahami apa yang dijelaskan oleh guru. Permasalahan lainnya yaitu kurang minatnya siswa pada mata pelajaran TIK. Berdasarkan dari latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan rancangan media pembelajaran tentang pelajaran TIK kelas VIII yang Valid, Praktis, dan Efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Research and Development (R&D) versi 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Uji produk yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektifitas.Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru dan siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII. Bentuk dari media pembelajaran ini berupa sebuah Apk untuk menjalankannya. Hasil uji validasi penulis mendapatkan rata-rata nilai.


Keywords


Pengembangan, Android, Media Pembelajaran

References


I. M. A. R. Putra, M. W. A. Kesiman, and I. G. M. Darmawiguna, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di Kelas X SMKN 1 Manggis,” KARMAPATI Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 17–25, 2023, [Online]. Available: http://journal.unbara.ac.id/index.php/BaJET.

R. Khairini and R. Yogica, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) pada Materi Virus,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 5, no. 3, p. 406, 2021, doi: 10.23887/jppp.v5i3.38502.

M. Maharani, F. Rini, and A. Pratama, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X di SMK Nusatama Padang,” J. Pustaka Data (Pusat Akses Kaji. Database, Anal. Teknol. dan Arsit. Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 19–24, 2023, doi: 10.55382/jurnalpustakadata.v3i1.416.

Z. Sesmiarni,“ Membentung Radiakalisme Dalam Bumi Pendidikan Lewat Pendekatan Brain Based Learning,” KALAM, vol. 9, nomor. 2, pp. 5- 4, 2017, kekasih: 10. 24042 atau klm. v9i2. 330.

R. Okra and Y. Novera,“ Pengembangan Alat Penataran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pos,” J. Educ. J. Educ. Stud., vol. 4, nomor. 2, pp. 121, 2019, kekasih: 10. 30983 atau educative. v4i2. 2340.

E. Fameska, R. Okra, S. Supriadi, and H. Antoni Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Mit App Inventor Pada Pelajaran Pai,” JATI (Jurnal Mhs.

Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 657–664, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i1.6179.

P. Sari, R. Okra, H. A. Musril, and S. Derta, “Perancangan Media Pembelajaran Animasi 3D Pada Mata Pelajaran Agam, Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di MTSN 6,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 2, pp. 13382–13391, 2023AD.

A. N. Khomarudin and L. Efriyanti,“ Pengembangan Alat Penataran Mobile Learning Berplatform Android Pada Mata Kuliah Intelek Ciptaan,” J. Educ. J. Educ. Stud., vol. 3, nomor. 1, pp. 72, 2018, kekasih: 10. 30983 atau educative. v3i1. 543.

A. Muhson,“ Pengembangan Alat Penataran Berplatform Teknologi Data,” J. Pengajar. Akunt. Indones., vol. 8, nomor. 2, pp. 6, 2010, kekasih: 10. 21831 atau jpai. v8i2. 949.

G. Adiratna and P. Hapsari,“ Pengembangan Alat Film Kartun Berplatform Aplikasi Canva buat Tingkatkan Dorongan serta Hasil Berlatih Partisipan ajar,” vol. 5, nomor. 4, pp. 2384–2394, 2021.

I. M. Tegeh, A. H. Simamora, and K. Dwipayana, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu,” Mimb. Ilmu, vol. 24, no. 2, p. 158, 2019, doi: 10.23887/mi.v24i2.21262.

N. Yolanda, L. Efriyanti, H. A. Musril, and K. Kunci, “Pengembangan Template Microsoft Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 3 Lubuk Basung,” vol. 01, no. 02, pp. 156–170, 2022.

A. R. S. Magfirah Rasyid, Andi Asmawati Teragung,“ Pengembangan alat penataran berplatform program,” J. Pengajar. Biol., vol. 7, nomor. 2, pp. 69–80, 2016.

E. Ortega- Toro, A. García- Angulo, J. Meter. Giménez- Egido, F. J. García- Angulo, and J. Meter. Palao,“ Design, validation, and reliability of an observation instrument for technical and tactical actions of the offense phase in soccer,” Front. Psychol., vol. 10, nomor. JAN, 2019, kekasih: 10. 3389 atau fpsyg. 2019. 00022.

H. Hendryadi,“ Keabsahan Isi: Lnilaih Dini Pengembangan Angket,” J. Ris. Manaj. serta Bidang usaha Fak. Ekon. UNIAT, vol. 2, nomor. 2, pp. 169–178, 2017, kekasih: 10. 36226 atau jrmb. v2i2. 47.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v15i2.3589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref