Analisa dan Perancangan GIS (Geographic Information System) Bidang Kepariwisatan di Kabupaten Cianjur

Mohamad Kany Legiawan

Abstract


GIS (Geographic Information System) atau Sistem Informasi Geografis merupakan suatu sistem yang mengelola keadaan geografis bumi, dengan adanya tools yang bisa memudahkan dalam proses digitasi suatu peta kita dapat menganalisis dan mengelola dalam bentuk database. Keadaan pariwisata Kabupaten Cianjur tentunya membutuhkan suatu sistem dalam pengelolaannya selain banyak daerah wisata yang bisa dikunjungi, juga bisa dianalisis yang kegunaannya untuk pengembangan daerah wisata baik dari segi infrastruktur maupun lokasi geografis daerah wisata tersebut. Selain daripada itu dengan adanya sistem ini sebagai output, masyarakat bisa melihat data pariwisata melalui brosur maupun pamflet yang telah dirancang oleh Dinas Pariwisata.

Dalam penelitian Tugas Akhir ini menggunakan metode analisis-deskriptif sedangkan paradigma yang digunakan adalah paradigma waterfall yang di dalamnya terdapat aktivitas-aktivitas seperti rekayasa sistem, analisa, perancangan, pemrograman, pengujian, operasi, dan pemeliharaan.

Keterlibatan tools yang mendukung pada sistem ini baik dari segi input, proses maupun outputnya tentu menggunakan beberapa program yaitu arcView versi 3.3 untuk proses digitasi dan database sistem, dan Borland Delphi untuk pengolahan data. Dengan adanya kedua program ini tentunya akan memberikan kemudahan dalam hal pengolahan data dan menganalisis suatu daerah wisata yang ada di Kabupaten Cianjur sehingga dapat efektif dalam pengerjaannya dan efisien dari segi waktu.

Tentunya dengan ketersediaan data yang disediakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur dapat memberikan kemudahan dalam pembangunan Sistem serta klasifikasi data berdasarkan kebutuhan, dan pada sistem ini dibagi atas 3 (tiga) kategori utama yaitu data mengenai Objek Wisata, Prasarana yang mendukung pariwisata seperti trayek angkutan umum untuk transportasi, rumah makan, dan hotel-hotel yang ada di Kabupaten Cianjur. Selain prasarana, data pendukung lainnya adalah lokasi organisasi kesenian yang ada.

 

Kata Kunci : Geographic Information System, Pariwisata Kabupaten Cianjur, arcView 3.3

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v8i2.348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref