Sistem Informasi Geografis Sekolah Kabupaten Cianjur Berbasis Web (www.sakola-cianjur.net)

Faishal Nurdiansyah, Siti Sarah Abdullah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya penyebaran informasi mengenai lokasi sekolah yang ada di Kabupaten Cianjur, sehingga hanya sekolah negeri dan sekolah favorit yang banyak diminati, sedangkan sekolah yang baru awal berdiri maupun sekolah yang berlokasi jauh dari jalan utama menjadi kurang diminati. Oleh karena itu penulis membuat website berisi Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk menampilkan lokasi sekolah yang ada di Kabupaten Cianjur.Sistem Informasi Geografis ini dalam perancangannya menggunakan metodologi penelitian Waterfall dari Roger S.Pressman. Dalam metodologi waterfall terdapat 5 tahapan, yaitu Communication, Planning, Modeling, Construction dan Deployment.Untuk perancangan Sistem Informasi Geografis ini menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Language) dan dibuat menggunakan beberapa aplikasi, seperti Visual Paradigm untuk melakukan pemodelan UML, Google Earth untuk mengambil peta digital Kabupaten Cianjur, Google Maps API menampilkan peta kedalalm web, Sublime Text Editor dan PhpMyAdmin di dalam XAMPP sebagai Database Management System (DBMS).Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu penyebaran informasi mengenai lokasi sekolah di Kabupaten Cianjur menjadi lebih cepat, mudah, efektif, dan efisien.

 

Kata Kunci. Sistem Informasi Geografis (SIG), Lokasi Sekolah, Kabupaten Cianjur, Google Maps API, Sublime Text Editor,Visual Paradigm, waterfall, XAMPP.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v8i2.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref