Aplikasi Pedoman Mengendalikan Mobil Bertransmisi Otomatis Tipe Suv Berbasis Flash

Teguh Cahyadi, Teguh Wiharko

Abstract


Sebuah perkembangan dari kemajuan teknologi hadir dengan menggunakan simulasi. Simulasi sendiri merupakan kegiatan tiruan dari kegiatan nyata yang dilakukan oleh manusia dengan bantuan komputer digital. Metode mengajar, simulasi dapat diartikan cara penyajian pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan untuk memahami tentang konsep, prinsip, atau keterampilan tertentu. Simulasi dapat digunakan sebagai metode mengajar dengan asumsi tidak semua proses pembelajaran dapat dilakukan secara langsung pada objek yang sebenarnya. Simulasi bertujuan untuk melatih keterampilan tertentu baik bersifat profesional maupun bagi kehidupan sehari-hari, memperoleh pemahaman tentang suatu konsep atau prinsip, melatih memecahkan masalah, meningkatkan keaktifan belajar, memberikan motivasi belajar, melatih untuk mengadakan kerjasama dalam situasi kelompok, menumbuhkan daya kreatif, dan melatih pengembangkan sikap toleransi.

Mobil bertransmisi otomatis atau biasa disebut juga Automatic Transmision merupakan sistem perpindahan percepatan secara otomatis. Pada transmisi mobil bertransmisi otomatis tidak perlu menginjak pedal kopling saat melakukan perpindahan gigi. Mengendalikan mobil bertransmisi otomatis adalah salah satu kegiatan masyarakat dan pemula yang dapat dibuat menjadi sebuah pedoman, agar masyarkat umum ataupun pemula dapat melakukan mengendalikan mobil bertransmisi otomatis menjadi lebih efektif dan efisien menggunakan pedoman.

Pedoman mengendalikan mobil bertransmisi otomatis ini dibuat untuk menyajikan informasi seputar pengenalan cara mengendalikan mobil bertransmisi otomatis, pengenalan simbol-simbol yang terdapat pada transmisi, dan pedoman di jalan raya dengan menggunakan Adobe Flash. Hasil dari perancangan pada penelitian ini diimplementasikan menjadi sebuah pedoman mobil bertransmisi otomatis ini menggunakan Metode peracangan yang digunakan yaitu UML (Unified Modeling Language) yang mampu memenuhi membantu masyarakat umum dan pemula terhadap pengenalan mobil bertransmisi otomatis menjadi lebih efektif dan efisien.

 

Kata Kunci : simulasi, informasi, mobil bertransmisi otomatis, flash


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v8i1.343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref