Perancangan Skenario Adaptif untuk Reward pada Gamifikasi Reseller Penjualan Daring menggunakan Finite State Machine

Diny Syarifah Sany, Fauzan Zikri

Abstract


Kenaikan pembeli daring membuat penjualan daring menjadi meningkat. Untuk menaikkan penjualan selain melakukan promosi ke berbagai platform penjual juga merekrut reseller. Reseller menjadi elemen penting pada penjualan daring dalam hal meningkatkan penjualan, promosi, serta membangun merek. Komunikasi yang baik dengan reseller menjadi kunci dalam kerjasama bisnis daring. Penelitian lain menyatakan bahwa penggunaan reward gamifikasi pada penjualan daring dapat meningkatkan produktivitas karyawan salah satunya adalah reseller. Penelitian ini membahas mengenai perancangan skenario adaptif reward gamifikasi untuk reseller dengan menggunakan metode Finite State Machine. Skenario yang dirancang akan menghasilkan reward yang berbeda terhadap reseller.  Hasil akhir dari penelitian ini adalah model skenario adaptif untuk reward yang dapat diterapkan pada gamifikasi aplikasi pendataan reseller untuk penjualan daring.


Keywords


Skenario Adaptif; Gamifikasi; Reward; Reseller; Penjualan Daring; Finite State Machine

References


S. Hansun, “Gamified e-Commerce A New Paradigm on e-Media Business,” J. Ultim., vol. 4, no. 2, pp. 28–31, 2012, doi: 10.31937/ti.v4i2.317.

F. Huseynov, “Gamification in E-Commerce,” IGI Glob., no. May, pp. 144–161, 2020, doi: 10.4018/978-1-7998-5171-4.ch008.

U. Kingdom, J. S. Anku, M. Studies, B. K. Amewugah, M. Studies, and M. K. Glover, “Concept of Reward Management , Reward,” Int. J. Econ. Commer. Manag., vol. VI, no. 2, pp. 621–637, 2018, [Online]. Available: http://ijecm.co.uk/.

O. T. San, Y. M. Theen, and T. B. Heng, “The Reward Strategy and Performance Measurement ( Evidence from Malaysian Insurance Companies ),” Int. J. Business, Humanit. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 211–223, 2012.

W. T. Ngwa, B. S. Adeleke, E. K. Agbaeze, N. C. Ghasi, and B. O. Imhanrenialena, “Effect of reward system on employee performance among selected manufacturing firms in the litoral region of Cameroon,” Acad. Strateg. Manag. J., vol. 18, no. 3, pp. 1–16, 2019.

M. B. Nendya, S. Gandang, R. G. Santosa, J. T. Elekto, and F. T. Industri, “Pemetaan Perilaku Non-Playable Character Pada Permainan Berbasis Role Playing Game Menggunakan Metode Finite State Machine Pendahuluan Game merupakan salah satu tipe animasi interaktif yang membuat player dapat Game merupakan sebuah jenis aktivitas bermai,” J. Animat. Games Stud., vol. 1, no. 2, pp. 185–202, 2015.

H. Haryanto, S. Novianto, and U. Rosyidah, “Model Skenario Adaptif Berbasis Finite State Machine Pada Game Pendidikan,” Techno.COM, vol. 13, no. 2, pp. 91–98, 2014.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v13i1.1485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id

 

 

Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagoogleroadcrossref