Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Pada iPhone Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Feby Trianisa, Ade Supriatna

Abstract


Sistem pakar merupakan bidang yang dicirikan oleh sistem berbasis pengetahuan (Knowledge Base System), memungkinkan komputer dapat berpikir dan mengambil kesimpulan dari sekumpulan kaidah. Sistem pakarini mampu mendeteksi kerusakan padaiPhone yang dapat memberikan solusiterbaikterhadap kerusakaniPhone dan dapat membantu memberikaninhalamanasi kepada para teknisi dan sebagi sarana untuk menyimpan pengetahuantentang kerusakaniPhone yang berkenaan denganjenis penyakit mata dari pakar atau ahllinya.

Pada saatini proses pendeteksian kerusakan padaiPhone di Halife StoreiDevice Solution masih dilakukan secara manual. Terdapat beberapa kekurangan pada sistem manualini yaitu penggunaiPhone datang ke Halife Store iDevice Solutionlalu berkonsultasi denganteknisi atau pegawainya. Setelahituteknisi akan melakukan pemeriksaan, dan menyimpan hasil pemeriksaan.

Dalam perancangan aplikasi ini, refresentasi pengetahuan menggunakan metode Certainty Factor, pohon keputusan, dan kaidah produksi. Untuk proses penalaran menggunakam metode Certainty Factor yaitu sebagai salah satuteknik sistem pakarini mengambil nilai bobot dari setiap gejala kerusakaniPhone. Aplikasi sistem pakar mendeteksi kerusakan padaiPhone menggunakan metode Certainty Factorinidibangun dengan bahasa pemrograman PHP menggunakanframework CodeIgniter dan Bootstrap sebagaiframework CSS untuk mengaturtampilan yanglebih menarik. Local server menggunakantools XAMPP.

Kata kunci: Sistem Pakar, Certainty Factor,iPhone, PHP.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v8i1.145

Refbacks



Copyright (c) 2017 Media Jurnal Informatika



This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref