Sistem Pakar Diagnosis Hama dan Penyakit Tanaman Kacang Tanah Berbasis Desktop Dengan Metode Backward Chaining

Bella Anita Agustin Maulina, Harrison D S

Abstract


Kemajuan teknologi mendorong manusia untuklebih memanfaatkanteknologi dalam berbagai kegiatan yang dilakukanterutamateknologi yang berhubungan dengan pengetahuan dan sistem pakar merupakan bagian dariteknologi yang berbasis pengetahuan. Sistem pakar banyak digunakan dalam berbagai bidang seperti kedokteran, peternakan komunikasi, pendidikan dan salah satunya dalam bidang pertanian.

Kelompok tani Mekar Jaya Cianjur merupakan kelompoktani yang membudidayakantanaman pangan yaitu kacangtanah. Namun pada saatini hasil panen mengalami kegagalan (gagal panen), dikarenakan munculnya hama dan penyakit yang menganggu pertumbuhantanamantersebut. Minimnya pengetahuan petani akan hama dan penyakit mengenaitanaman kacangtanah menyebabkan banyak kesalahan dan ketidaktepatan dalam pemberantasan dan pengendaliannya. Dalam halini sistem pakar dihadirkan sebagai alternatif kedua dalam memecahkan permasalahan setelah pakar.

Sistem pakarini dibangun dengan pemograman berbasis desktop dengan menggunakan bahasa pemograman Borland Delphi7 dengan aturan pengambilan kesimpulan yang menggunakan metode backward chaining yang bisa langsung digunakan oleh petanitanpa perlu konsultasilangsung dengan pakar.

Kata kunci: Sistem Pakar, Hama dan Penyakit Tanaman Kacang Tanah, Backward Chaining, Borland Delphi 7.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v8i1.144

Refbacks



Copyright (c) 2017 Media Jurnal Informatika



This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref