Peranan Gadget Terhadap Motivasi Menggunakan Sistem Informasi Akademik Dengan Technology Acceptance Model (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Teknik Prodi Teknik Informatika Unsur)

Siti Nazilah

Abstract


Sistem Informasi Akademik adalah Sistem yang memberikanlayananinformasi yang berupa data yang berhubungan dengan akademik. Dimana dalam halini pelayanan yang diberikan yaitu seperti,jadwal perwalian, Jadwal Kuliah, Nilai, Form Rencana Studi,Form Hasil Studi, Kalender Akademik, Jadwal Seminar Kerja Praktek, Jadwal Seminar Tugas Akhir dan Jadwal Sidang Tugas Akhir, serta Pembayaran dan Absensi Mahasiswa. Sistem Informasi Akademik Fakultas Teknik sudah berbasis online maka dapat diakses melaluiinternet dengan alamat http//:ftunsur.ac.id/akademik/login.html. dengan adanya Sisteminformasi akademik berbasis online memberikan motivasi penulis untuk menganalisis Peranan Gadget Terhadap Motivasi menggunakan Sistem Informasi Akademik dengan Technology Acceptance Model (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Teknik Prodi Teknik Informatika Unsur).

Gadget merupakan Teknologi pintar yang di desain Khusus untuk memberikan kemudahan pada penggunanya. Untuk mengetahuifaktor-faktor yang berpengaruhterhadap penggunaan sisteminformasi akademik penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model. Ditambah dengan Teori Motivasi, Sosial Influence dan Computer Self Efficacy sebagai ekstrenal Variabel untuk pendukung dari penelitian.

Dalam hubungannya  dengan  penggunaan  sistem informasi,  teori  motivasiini  digunakan  dalam konsep penerimaanteknologi. Dari perspektif motivasi ektrinsik, perilaku digerakan oleh nilai persepsi dan kemanfaatan.

Terdapat delapan (8) konstruk/variabel pada penelitianini yang dianggap dapat menganalisistingkat penerimaan mahasiswaterhadap aplikasi Sisteminformasi Akademik. Konstruk/variabeltersebut adalah Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Behavioral Intentionto Use, Attitude Toward Using, Actual Technology us, Perceived Enjoymen, Social Influence, dan Computer self Efficacy dengan 13 hipotesis yang dibuat untuk menganalisis peranan gadgetterhadap motivasi menggunakan Sistem Informasi Akademik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan signifikan antara Konstruk Perceived usefulness terhadap Perceived Ease of Use, Behavioral Intentionto Use hubungan signifikan dengan Social Influence, Atitude Toward using technology ada hubungan signifikanterhadap Perceived Usefulness, Atitude Toward usingtechnology ada hubungan signifikanterhadap Perceived Ease of use, Actual Technology use ada hubungan yang signifikanterhadap Behavioral Intentionto Use, Enjoymen ada Hubungan yang signifikanterhadap Behavioral Intentionto Use, Computer Self Efficacy ada hubungan yang signifikanterhadap Sosial Influnce. dan ada beberapa konstruk yangtidak berpengaruh signifikan diantaranya: Perceived Enjoymentidak berpengaruh signifikanterhadap Perceived Ease Of Use, Perceived Enjoymen tidak berpengaruh signifikanterhadap Perceived Usefulness, Perceived Usefulnesstidak berpengaruh siginifikan terhadap Behavioral Intention To Use, perceived usefulnesstidak berpengaruh siginifikanterhadap Actual Using Technology.

Kata Kunci: Technology Acceptance Model, SEM, Computer Self Efficacy, Sosial Influence, Gadget


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v7i2.140

Refbacks



Copyright (c) 2017 Media Jurnal Informatika



This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref