Audit Sistem Informasi Framework Cobit 5

Fietri Setiawati Sulaeman

Abstract


Sisteminformasi mempunyai peran sangat penting dalam memberikan keunggulan di dunia usaha. Dimana investasi sisteminformasi semakin besar namuntidak mendukung pencapaiantujuan dan strategi yang diharapkan oleh organisasi. Untukitulahtata kelolateknologiinformasi diperlukan.

COBIT5 adalah salah satu sarana untuk membantu organisasi menciptakan nilai yang optimal dalam mengelolatata kelolateknologiinformasi yang akhirnya organisasi dapat mencapai visi dan misinya. COBIT5 memungkinkanteknologiinformasi melakukantata kelola dan manajemen secara holistik untuk keseluruhan enterprise, mengelola bisnis dari ujung ke ujung, bertanggung jawab pada keseluruhan areafungsiteknologiinformasi.

PT. AF adalah salah satu perusahaan yang menggunakanteknologiinformasi yang secara keseluruhan pengelolaanya sudahterintegrasi dengan cakupan enterprise dengan sistem yang berjalan bernama EMF.

Hasil penilaian audit sisteminformasi tingkat capability PT. AF mencapai nilai 5,0 (Optmising) yang melebihi target pencapaian perusahaan dengan nilaitarget4 (Predictible). Ini artinyatata kelolateknologiinformasi PT. AF sudah mencapaileveltertinggi yaitu5 yang dapat dipetakan dengan peringkat atribut proses selaras denganlevel kapabilitas dengan range antara 50%-85% dengan peringkat nilai Largelly Achieved (L). Dimana pada peringkatini sudah ada bukti pendekatan sisematis, pencapaian significant, serta atribut sudahterdefinisi dengan baik sesuai SOP.

Kata kunci: COBIT 5, Audit Sistem Informasi, capability, PT. AF,teknologiinformasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v7i2.139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Media Jurnal Informatika



This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref