Arsitektur Sistem Informasi Retail Menggunakan Enterprise Architecture Planning

Sutono Sutono

Abstract


Perusahaan retail merupakan salah satu bentuk usaha yangtidak melibatkan proses pengubahan bentuk dari produk. Ritel memiliki peranan penting dalam proses pendistribusian produk danjasa dari produsen ke konsumen. Salah satu fungsi pentingtersebut adalah mengatur persediaan barang dengan menentukanjumlah barang yangtepat, waktu yangtepat dantempat yangtepat secara reguler atau berkala serta menanggung risiko dalam penyimpanan persediaan sebelum barang sampai ke konsumen.

Sistem informasi merupakan sistem yang mengumpulkan, memproses menyimpan, menganalisis dan menyebarkan data daninformasi untuktujuan yang spesifik. Salah satu cara untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis terhadap dukungan sisteminformasi adalah dengan membangun arsitektur enterprise. Arsitektur enterprise menggambarkan hubunganlogis yang menyeluruh dari prinsip-prinsip, metode dan model yang digunakan dalam merancang dan merealisasikan struktur organisasi, proses bisnis, sisteminformasi daninfrastruktur sebuah enterprise. Arsitektur enterprise menyediakan sebuah cara pandang yang menyeluruh dari sebuah enterprise.

Metodologi Enterprise Architektur Planning (EAP) didasarkan pada model bisnis enterprise, dengan demikian keselarasan antara sisteminformasi dan bisnis dapattercapai. Dorongan dan ketergantungan datajuga mendasari EAP sehingga integrasi sisteminformasi dapat dikelola untuktingkat enterprise. Integrasi sisteminformasi  bertujuan untuk mengurangi hambatan-hambatan antar unit organisasi, mengurangi duplikasi effort, mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas pegawai dan memfasilitasi sharinginformasi dan kolaborasi yang penting untuk meningkatkanlayanan pada pelanggan.

Kata Kunci: Retail, Enterprise Architektur Planning, sisteminformasi, arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur teknologi, rencanaimplementasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v7i1.134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Media Jurnal Informatika



This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref