Perancangan Sistem Informasi SCM Produk Pertanian Berbasis Website

Andri Adikusumah

Abstract


SCM (Supply Chain Management) merupakan suatu metode atau pendekatan proses pengintegrasianinformasi dari aliran rantai yang paling hulu hingga ke hilir. Hal utama dari konsep SCMini yaitu bagaimana mengurangi kesia- siaan produk dan bagaimana caranya mengoptimalkan nilai produktersebut pada rantai pasok yang berkaitan. Salah satu yang memerlukan konsep SCMini yaitu beberapa produk pertanian, alasanya yaitujikainefektifitas proses pendistribusian pada produk pertanianterjadi, maka akan menjadi hal yang krusial karena akan berdampak pada ketidak seimbangan supply dan demand. Yangtentunyajikatidak diterapkan konsep SCMini akan bermuara pada masalah utamanya yaitutidak efisiennya manajemen pendistribusian, khususnya di perusahaan distribusi yang secaralangsung maupuntidaklangsung akan berimbas pada aliran rantai pasok yang ada dibawahnya atau setelahnya.

Dalam penelitianini nantinya akan menghasilkan rancangan awal dan konsep awal sisteminformasi SCM produk pertanian berbasis web. Perancangan sisteminformasiini akan mengintegrasikan antara beberapa pelaku rantai pasok atau anggota rantai pasok yangterjalin dalam sebuah hubungan kemitraan, dimana semua anggota rantai pasok tersebut akan dilibatkan dalam sebuah sisteminformasi yang bertujuan untuk dapat mengefisiensikan dan mengefektifkan proses distribusi aliran produk dari hulu sampai hilir.

Kata kunci: supply chain management, sisteminformasi, rantai pasokan, produktani


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v7i1.132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Media Jurnal Informatika



This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref