Penerapan Metode Eksperimen Semu Pada Sistem Informasi Persediaan dan Penjualan Obat di Apotek Berbasis Web-Base

sutono sutono, Aditya Prasetya Pamungkas

Abstract


Perkembangan Teknologi Informasi membuat berbagai aktivitas dalam kehidupan manusia mengalami evolusi. Kondisi dinamis ini memunculkan terobosan-terobosan sistem informasi sebagai jawaban atas sistem lama. Sistem yang dilakukan secara konvensional mulai ditinggalkan dan beralih ke sistem komputerisasi. Apotek Sahabat merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang usaha dagang dengan menyediakan segala macam obat-obatan  untuk orang orang yang kurang sehat dan membutuhkan obat. Akan  tetapi sistem pelayanan penjualan yang tersedia di Apotek Sahabat ini masih menggunakan cara konvensional, petugas apotek menuliskan nota pembelian obat-obatan yang di pesan oleh pelanggan. Pendataan dan penghitungan barang yang ada di gudang pun masih menggunakan cara lama, petugas gudang harus cek satu persatu dan menuliskannya kedalam  buku yang berisi stok dan nama barang. Kendala ini sering membuat petugas apotek merasa keropotan karena harus melayani beberapa pelanggan ketika Apotek sedang ramai dikunjungi. Metode yang digunakan adalah metode ekperimen semu. Eksperimen semu merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu data dan menguji hipotesis yang dikontrol dengan tepat, untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan, maka harus dirancang dan kemudian di uji coba. Dan dalam pembuatan perangkat lunak ini digunakan metoda pengembangan sistem berdasarkan paradigma waterfall dengan UML (Unified Modeling Language) dengan alat yang digunakan untuk merancang yaitu Usecase Diagram, Swimlane Diagram, Class Diagram, dan Sequence Diagram sedangkan dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan Bahasa pemrograman PHP, HTML dan MySQL sebagai database management system. Maka dari itu dengan sistem informasi Inventory Penjualan ini lebih baik dari sistem yang manual, yang menghasilkan tiga aktor yang terlibat didalamnya, yang membuat manajemen didalam perusahaan berjalan lebih efektif dan efisien serta sistem penjualanlebih kondusif.


Keywords


Sistem Informasi; Metode Experimental Semu; Inventory Penjualan; Unified Modeling Language; PHP; HTML WEB; MySQL

References


Ali, M. (1992). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Fahrisa, Sentosa Pohan, & Marnis Nasution. (2018). PERANCANGAN SISTEM INVENTORY BARANG PADA. Informatika : Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 18.

Hall, S. (2010). How to Use the Likert Scale in Statistical Analysis.

Jogiyanto, H. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Martin, F. (2005). UML Distiled : A Brief Guide to The Standar Object Modeling Language. Addison Wesley.

Moekijat. (2011). Latihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandar. Bandung: Banjar Maju.

Rangkuti, F. (2004). Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sukmadinata. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.

Wahana. (2006). Apa & Bagaimana E-Commerce. Yogyakarta: Andi.

Wulandari, & Siska Aprilia. (2015). SISTEM INFORMASI PENJUALAN PRODUK BERBASIS WEB PADA CHANEL DISTRO PRINGSEWU. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model) Volume 4, 43.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v12i2.1225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id

 

 

Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagoogleroadcrossref