PERANAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRILAKU BERORGANISASI PESERTA DIDIK DI SMAN 1 MANDE CIANJUR
Abstract
Sekolah merupakan salah satu lembaga yang tidak hanya sebagai sarana dalam menyampaikan ilmu pengetahuan dan keterampilan, tetapi sekolah juga harus membina dan meningkatkan perilaku berorganisasi peserta didik. Perilaku berorganisasi diarahkan sebagai dasar dan pondasi perilaku peserta didik itu sendiri dalam mengali potensi yang mereka miliki. Sekolah memiliki peranan menjadikan peserta didiknya menjadi manusia yang memiliki rasa kesadaran yang memiliki rasa kesadaran dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai warga Negara yang baik. Oleh karena itu sekolah berkewajiban memanfaatkan fungsinya sebagai memberikan dorongan dalam peminatan berorganisasi dan sikap yang menunjukan kearah yang lebih baik.tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai peranan sekolah dalam meningkatkan prilaku berorganisasi peserta didik. peneliti bertujuan untuk memperoleh informasi tentang : (1) Peranan sekolah dalam meningkatkan prilaku berorganisasi dari peserta didik, (2) bentuk prilaku dalam prilaku berorganisasi, (3) program dalam meningkatkan prilaku berorganisasi, (4) pembinaan prilaku dalam berorganisasi (5) masalah dalam meningkatkan prilaku berorganisasi, Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik penelitian berupa observasi,wawancara dan angket di SMA Negeri 1 Mande Cianjur.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (1991). Prosedur Penelitian Suatu Metode Praktik. Jakarta :
Rineka Cipta
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Alfabetta
Depdikbud. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka
Depdikbud . (1989). Himpunan peraturan dan Pedoman Pelaksanaan Pembinaan Kesiswaan. Jakarta.
Fahmi Irham. (2016). Prilaku Organisasi, Bandung : Alfabeta
Hendra Surya. (2013). Cara Belajar Orang Genius. Jakarta : Gramedia
K.,Septiawan Santana, Menulis Ilmiah Metodologi Penelitian kualitatif, Jakarta:
Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2007
Mudyardjo , Redja. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT . Raja Grafindo Persada. 2001
Rois, Munawar dan Ma’ruf Amar. (2016). Pengantar Metode Penelitian Pendidikan.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Suryakancana
Cianjur.
Stephen P.Robbins. (1994). Teori Organisasi Struktur, Desain, dan Aplikasi. jakarta:
Arcan:.hlm.4.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D.Bandung:
Alfabeta
Tirtarahardja,Umar. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Wina, Sanjaya. (2006). Srategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Winarno. (2013). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Jakarta : Paragonata Jaya
DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v9i1.577
DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v9i1.577.g513
JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :
Â