PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn DI SMA PASUNDAN 1 CIANJUR
Abstract
Guru mempunyai peranan penting dalam menentukan berhasilnya tujuan pembelajaran di sekolah. Segala tindakan yang dilakukan oleh seorang guru akan mempunyai pengaruh terhadap siswa. Seorang guru harus bisa menciptakan suasan nyaman dalam belajar, salah satunya dengan pemilihan metode pembelajaran agar siswa lebih aktif, kreatif dan termotivasi. Melalui metode diskusi siswa dituntut untuk memiliki kemampuan mengemukakan pendapat pada masalah-masalah yang diskusikan sehingga terdapat kesimpulan yang diinginkan dan tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan dari dalam diri siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan masalah yang akan diteliti yaitu bagaimana pengaruh penerapan metode pembelajaran diskusi terhadap peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran PKn di SMA Pasundan 1 Cianjur?. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran diskusi terhadap peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran PKn kelas XI di SMA Pasundan 1 Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, adapun teknik penelitian yang digunakan yaitu menggunakan angket, observasi, wawancara dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa: Metode pembelajaran diskusi memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran PKn di kelas XI, hal ini terlihat dari sangat antusiasnya siswa dengan penggunaan metode diskusi yang diterapkan oleh guru, siswa menjadi lebih berpikir kritis, aktif, kreatif dalam mengemukakan pendapat dan membuat suasana kelas menjadi semakin hidup sehingga siswa tidak bosan.
Full Text:
PDFReferences
El Khuluqo, Ihsana. (2017). Belajar
dan Pembelajaran.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fathoni, Abdurrahmat. (2006).
Metode Penelitian &
Teknik Penyusunan
Skripsi. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif
dan Kuantitatif).
Jakarta: Gaung Persada.
Pradesa, Kohar. (2012). Strategi Belajar Pembelajaran.
Cianjur: Universitas
Suryakancana.
Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan
Makna Pembelajaran.
Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
Sukardi. (2008). Metode Penelitia
Pendidikan:
Kompetensi dan
Praktiknya. Jakarta:
Bumi Aksara.
Taniredja, Tukiran, dkk. (2011).
Model-Model
Pembelajaran Inovatif
dan Efektif. Bandung:
Alfabeta.
Tohirin. (2007). Bimbingan
Konseling di Sekolah
dan Madrasah. Jakarta:
Raja. Grafindo Persada.
Usman, Uzer. (2008).Upaya
Optimalisasi Kegiatan
Belajar Mengajar: PT.
Remaja Rosdakarya
Undang-Undang. (2010). Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS).
Bandung: Nuansa
Aulia.
DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v9i1.575
DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v9i1.575.g512
JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :
Â