PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF POLITIK HUKUM

Dina Indriyani, Winda Marliani

Abstract


Negara Indonesia merupakan suatu negara yang berdasarkan pada aturan hukum. Makadari itu, pemerintah telah mengatur segala sesuatu perbuatan yang dilakukan oleh setiap warga negaranya dengan adanya peraturan atas suatu hukum tertentu.Hal tersebut mencerminkan bahwa negara Indonesia memiliki peranan penting terhadap adanya politik hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Salah satu perwujudan adanya implementasi dari politik hukum itu adalah adanya peraturan yang mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional juga dengan adanya peraturan yang mengatur tentang Penguatan Pendidikan Karakter sebagai perwujudan dan usaha pemerintah untuk  mewujudkan karakter bangsa yang lebih baik sebagai warga negara. Implementasi terhadap Penguatan Pendidikan Karakter dibutuhkan agar dapat menumbuhkan kesadaran terhadap kepribadian bangsa yang menjungjung tinggi akhlak mulia, nilai-nilai luhur, kearifan, dan budi pekerti. Sebab, pemerintahan yang baik akan mewujudkan warga negara yang baik pula.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Syaukani I, Thohari A.A. 2007. Dasar-dasar Politik Hukum. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Budiardjo Miriam. 2008. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

MD Mahfud Moh. 1998. Politik Hukum di Indonesia. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Ahmadi Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa E. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gunawan Heri. 2012. Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung: Alfabeta.

Zulnuraini. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep, Implementasi Dan Pengembangannya di Sekolah Dasar di Kota Palu. Palu: Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNTAD.

Salam Abdus. 2015. Pengaruh Politik dalam Pembentukan Hukum di Indonesia. Samarinda: Sharia Departement, STIS.

Saraswati Retno. 2014. Arah Politik Hukum Pengaturan Desa ke Depan. Purwokerto: Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman.

Pranowo Djoko Dwiyanto. 2012. Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Dan Kerjasama Pada Matakuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Dengan Metode Bermain Peran. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v9i1.570

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/jpphk.v9i1.570.g508

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â