PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PENINGKATAN MORAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK PASUNDAN 1 CIANJUR

Widi Widianingsih

Abstract


 

ABSTRAK
Moral merupakan suatu tingkah laku manusia yang timbul dari pikiran dan
perasaan berdasarkan aturan yang berlaku dalam masyarakat, sehingga moral
menjadi suatu aturan yang harus dilaksanakan serta ditaati oleh setiap orang
dalam bersikap untuk kehidupan sehari hari. Namun saat ini kualitas moral pada
peserta didik usia remaja mengalami penurunan sehingga menjadi masalah bagi
dunia pendidikan. Suatu masalah yang menjadi perhatian sekolah yaitu mengenai
pelanggaran pada tata tertib di sekolah yang bertolak belakang dengan moral.
Dengan demikian masalah moral ini menjadikan pentingnya pembelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk ditingkatkan di jenjang
pendidikan sekolah.
Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah yaitu bagaimana
pengaruh pembelajaran PPKn terhadap peningkatan moral peserta didik kelas XI
di SMK Pasundan 1 Cianjur. Adapun tujuannya adalah ingin mengetahui
pengaruh pembelajaran PPKn terhadap peningkatan moral peserta didik kelas XI
di SMK Pasundan 1 Cianjur. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan
pemahaman bahwa pembelajaran PPKn merupakan pembelajaran yang sangat
penting untuk mengatasi penurunan moral yang terjadi pada generasi muda
Indonesia ini. Hipotesis yang penulis ajukan pada penelitian ini adalah terdapat
pengaruh positif dari pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
terhadap peningkatan moral peserta didik. Metode penelitian yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Populasi
penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMK Pasundan 1 Cianjur yang
berjumlah 500 peserta didik yang terdiri dari tiga belas kelas. Sampel peserta
didik diambil secara acak dari total populasi sebanyak 15% yaitu 75 orang peserta
didik.
Berdasarkan hasil penelitian dari pengumpulan data dan pengolahan data
diantaranya yakni Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
berpengaruh positif terhadap peningkatan moral peserta didik, pengaruh positif
tersebut dapat dilihat dari meningkatnya pengetahuan moral, perasaan moral dan
tindakan moral peserta didik.

 


Full Text:

PDF 150-166

References


DAFTAR PUSTAKA

Amirulloh. (2015). Teori Pendidikan Karakter Remaja dalam Keluarga.

Bandung: Alfabeta.

Budiningsih, Asri. (2004). Pembelajaran Moral. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. (2007). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.

. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Bandung:

Alfabeta.

Daroeso, Bambang. (1988). Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila.

Semarang: Aneka.

Djahiri, A. Kosasih. (1985). Strategi Pengajaran Afektif-Nilai-Moral VCT dan

Games Dalam VCT. Jurusan PMPKn IKIP Bandung: Grannesia.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Krakter: Menjawab Tantangan krisis

Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Bandung: Fokus Media.

Zakiyah, Qiqi Yuliati dan Rusdiana. (2014). Pendidikan Nilai Kajian Teori dan

Pratik Sekolah. Bandung: Pustaka Media.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v12i2.2459

DOI (PDF 150-166): https://doi.org/10.35194/jpphk.v12i2.2459.g1805

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â