PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI DI SMA PASUNDAN 1 CIANJUR

Tera Awalia Setiani

Abstract


ABSTRAK
Suatu kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model portofolio sebagai
salah satu bentuk program pendidikan. Mendorong siswa untuk memiliki
pengalaman belajar secara langsung dan berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran. Di masa pandemi Covid-19, kegiatan belajar menjadi online.
Adapun tingkat keberhasilan siswa diperlukan sebuah tes yaitu tes awal yang
disebut dengan tes formatif maupun tes akhir yang disebut dengan tes sumatif.
Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan
representasi dari konstruksi bangsa untuk menciptakan warga negara yang
cerdas dan bermartabat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran portofolio secara daring terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMA Pasundan 1 Cianjur. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi
penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI yang berjumlah 86 orang. Adapun
sampel penelitian dilakukan secara keseluruhan dengan jumlah 86 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memperoleh hasil penelitian sebagai
berikut: model pembelajaran portofolio secara daring sebagai pembelajaran siswa
aktif dapat memberi pengaruh positif terhadap nilai ulangan harian dan nilai
ulangan semester siswa. Dan pembelajaran portofolio sebagai pembelajaran
partisipatorik memberikan pengaruh positif terhadap nilai ulangan harian dan nilai
ulangan semester siswa.


Full Text:

PDF 126-139

References


Aminah, S. (2021). Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring

Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 33–42.

https://doi.org/https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.186

Asnawir, & Usman, B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: Ciputat

Pers.

Budimansyah, D. (2003). Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Jakarta: PT.

Genesindo.

Budiono. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: (B. Depdiknas (ed.)).

Depdiknas. (2015). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media.

Fajar, A. (2009). Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Depok: PT. Remaja

Rosdakarya.

Faturohman, P., & Sobry. (2007). Stategi belajar Mengajar. Bandung: PT. Refika

Aditama.

Hamzah, U. (2009). Belajar dengan Pendekatan Paikem. Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran

Daring Masa Pandemi Covid-19 Paada Calon Guru: Hambatan, Solusi, dan

Proyeksi. LP2M, 1–10. https://digilib.uinsgd.ac.id/id/empirit/30518

Nurhidayah, D., Sumarna, & Suhendar, I. F. (2021). Peranan Mata Pelajaran

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Mengembangkan Budaya

Demokratis. Pendidikan Politik, Hukum, Dan Kewarganegaraan, 11, 2.

https://jurnal.unsur.ac.if/jpphk/article/view/1694/1375

Qomariah, W. (2021). Komparasi Portofolio Pembelajaran Tatap Muka dan

Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 66

Kota Bengkulu (2021st ed.). (Skripsi) Institut Agama Islam Negeri 66, Kota

Bengkulu.

Qomarudin, N., & Bilfaqih, Y. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran

Daring: Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Daring Untuk

Pendidikan dan Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish.

Setiadi, E. M. (2006). Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Sudjana. (2016). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Depok: PT.

Remaja Rosdakarya.

Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogykarta: Ar-Ruzz Media.

Ubaedillah. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education), Pancasila,

Demokrasi, dan pencegahan Korupsi (4th ed.). Jakarta: Kencana.

Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan

Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35194/jpphk.v12i2.2458

DOI (PDF 126-139): https://doi.org/10.35194/jpphk.v12i2.2458.g1807

JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan) INDEXED BY :

   

Â