Strategi Pengembangan UKM Gethuk Pisang Guna Melestarikan Makanan Tradisional

Wahyu Eko Cahyono, Dedy Kunhadi

Abstract


Abstract— Small and medium enterprises (SMEs) are business sectors that play an important role as a backbone of a nation or region"s economics. Most problems faced by small and medium enterprises (SMEs) are capital, management and production process. This study aims to give strategic proposals in expanding small and medium enterprises of gethuk pisang for conserving traditional food. The methods used in this research are internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), and strengths- weaknesses - opportunities - threats (SWOT), so internal factors and external factors that faced by the small and medium enterprises can be identified. Based on SWOT analysis, some analysis strategy can be used to expand the small and medium enterprises of gethuk pisang. Result showed the small and medium enterprises of gethuk pisang were in first quadrant at SWOT cartesian diagram, meant the right strategies were strengths opportunities (SO) or Growth strategy. The strategies that will be used are local government holds traditional food festival, upgrade the quality of the product and use on-line marketing technology. In conclusion, the sales of gethuk pisang products from small and medium enterprises can increase and correlate with income increase, so small and medium enterprises (SMEs) of gethuk pisang can have competitiveness and grow.

Keywords— Strategy, Gethuk pisang, IFE, EFE, SWOT.

 

Abstrak— Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan suatu sektor usaha yang memiliki peran penting sebagai tulang punggung perekonomian suatu negara atau daerah. Sebagian besar permasalahan-permasalahan yang dihadapi UKM adalah permodalan, manajemen, dan proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan strategi dalam mengembangkan UKM gethuk pisang dalam melestarikan makanan tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), dan Strengths–Weaknesses - Opportunities-Threats (SWOT), sehingga dapat diidentifikasi faktor-faktor internal yang dimiliki dan faktor-faktor eksternal yang dihadapi oleh UKM. Berdasarkan analisa SWOT, maka akan diperoleh beberapa alternatif strategi yang dapat digunakan dalam mengembangkan UKM gethuk pisang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UKM gethuk pisang berada di kuadran I pada diagram kartesius SWOT, yang berarti strategi yang tepat digunakan adalah strategi Strengths Opportunities (SO) atau strategi Growth. Strategi-strategi yang akan digunakan adalah: Pemerintah Daerah mengadakan festival makanan tradisional,  mutu produk lebih ditingkatkan, dan memanfaatkan teknologi media pemasaran on-line. Dengan demikian, produk UKM gethuk pisang dapat terjadi peningkatan penjualan dan berkorelasi dengan peningkatan pendapatan, sehingga UKM gethuk pisang memiliki daya saing dan dapat berkembang.

Kata kunci — Strategi, Gethuk Pisang, IFE, EFE, SWOT


Full Text:

PDF

References


Irawati, R. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Pembinaan Terhadap Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 12(1), 74-84.

Bank Indonesia. (2015). Profil bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Jakarta: Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia.

Hamid, E. S., & Susilo, Y. (2011). Strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1), 45-55.

Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. R. (2013). Strategi pemberdayaan UMKM menghadapi pasar bebas Asean. Pusat Kebijakan Ekonomi Makro. Badan Kebijakan Fiskal. Kementerian Keuangan, Jakarta.

Lestari, C., Lubis, N., & Widayanto, W. (2015). Pengaruh Jaringan USAha, Inovasi Produk Dan Persaingan USAha Terhadap Perkembangan USAha Mikro, Kecil Dan Menengah (Studi Pada IKM Makanan Di Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan Jawa Barat). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 185-196.

A. Sutoni, “Determination of regional main products with fuzzy logic approach in regional Sula Island of North Maluku Province,†in 3rd International Conference on Digital Arts, Media and Technology, ICDAMT 2018, 2018, doi: 10.1109/ICDAMT.2018.8376488.

A. Sutoni and I. Masrofah, “Konsep Pengembangan Inovasi Keripik Gadung, Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Kutawaringin, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur,†IKRA-ITH Abdimas, vol. 1, no. 2, pp. 71–79, 2018.

Ireland, D.W., dan Webb, J. 2006. Strategic Entrepreneurship: Creating Competitive Advantage Through Streams Of Innovation, Business Horizons. 50, pp.49–59.

Metekohy, S. (2013). Pengaruh strategi resource-based dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing usaha kecil dan usaha mikro (studi pada usaha jasa etnis Maluku). Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(1), 12-20.

Kurniasari, R. D, & Utama, A. (2018). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kerajinan Enceng Gondok “AKARâ€. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(5), 467-477.

Puspasari, E. L., & Rahardjo, S. T. (2017). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Dukungan Partner Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Industri Makanan Dan Minuman Skala Kecil Dan Menengah Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 225-232.

Abdurrahim, M. F. H., Daryanto, A., & Nurmalina, R. (2014). Strategi pengembangan balai penelitian bioteknologi perkebunan Indonesia. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 11(3), 199-208.

Rosalina, E., & Wirahadi Ahmad, A. (2016, October). Analisa Strategi Pengembangan Industri Makanan Tradisional Minangkabau Berbasis Pendekatan SWOT. In National Conference of Applied Engineering, Business and Information Technology, Politeknik Negeri Padang (pp. 96-100). ASCNI-Tech.

Tambun, B. S., Jananuraga, I. G., Mahatmavidya, P. A., & Soesanto, R. P. (2014). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Geografis untuk Mendukung Keputusan Pemilihan Tempat Makan di Kawasan Pendidikan Telkom University dengan Menggunakan Metode Factor Rating dan Metode Delphi.




DOI: https://doi.org/10.35194/jmtsi.v4i1.842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri ISSN: 2581-0561 (online); 2581-0529 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: jmtsi@unsur.ac.id 

JMTSI (Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri) INDEXED BY :