Strategi Pemasaran Produk Makanan Khas Tradisional dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
Abstract
Abstrak
Pemasaran merupakan proses untuk menciptakan, menyampaikan, dan mempertukarkan penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat luas. Strategi pemasaran yang berpusat pada konsumen salah satu strategi yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk menarik lebih banyak pelanggan. Strategi pemasaran dikatakan efektif apabila bisa meningkatkan retensi pelanggan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Mekarlaksana Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung khususnya pengusaha makanan khas tradisional, seperti: Kerupuk Asoy, Rengginang, Otak-otak, kripik singkong, keripik pisang dan sebagainya. Selama ini sistem penjualannya sebagaian besar hanya mengandalkan pada lokal saja, yaitu dujual ke konsumen secara langsung, atau konsumen yang datang ke tempat produksi, sedangkan untuk penjualan ke luar kota masih relatif sedikit. Agar penjulan makanan khas tradisional yang dilakukan oleh UMKM tumbuh dan berkembang, penjualan bukan hanya pada lokal saja akan tetapi bisa sampai tingkat global, yaitu dengan menjalankan strategi strategi pemasaran yang berbasis teknologi internet. Strategi pemasaran yang harus diterapkan oleh UMKM adalah sebagai tujuan, saran, kebijaksanaan dan aturan yang memberikan arah pada usaha pemasaran serta tanggapan UMKM dalam menghadapi lingkungan dan persaingan yang selalu berubah-ubah. Dalam menerapkan strategi pemasaran, UMKM harus melihat kondisi pasar terlebih dahulu dan melihat posisi dipasarnya, agar bisa dilakukan dengan baik dan tepat sasaran.
Abstract
Marketing is the process of creating, delivering, and exchanging offers that have value for customers, clients, partners, and the wider community. A consumer-centric marketing strategy is one of the strategies used by many companies to attract more customers. Marketing strategies are said to be effective if they can increase customer retention and maintain good relationships with customers. Micro, small, and medium enterprises (MSMEs) in Mekarlaksana Village, Cikancung District, Bandung Regency, especially traditional food entrepreneurs, such as Asoy Crackers, Rengginang, Otak-otak, cassava chips, banana chips, and so on. So far, the sales system has mostly relied only on local, namely selling to consumers directly, or consumers who come to the production site, while sales outside the city are still a little realistic. In order for the sale of traditional specialty foods carried out by MSMEs to grow and develop, sales are not only local but can reach the global level, namely by running a marketing strategy based on internet technology. The marketing strategy that must be implemented by MSMEs is a goal, suggestion, wisdom, and rules that provide direction to marketing efforts and MSMEs' responses in facing the ever-changing environment and competition. In implementing a marketing strategy, MSMEs must first look at market conditions and see their position in the market so that they can be done properly and on target.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abbas, M., Minarti, A., & T, U. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Toko Sulawesi Soppeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 5(1), 49–56. https://doi.org/10.57093/metansi.v5i1.156
Abdullah, M. I., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. (2021). Strategi Pemasaran Produk Indihome PT. Telekomunikasi Manado. Productivity, 2(1), 63–68. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32868
Ade. (2024). UMKM Harus Memanfaatkan Pemasaran Digital. Disduk Jabar. https://diskuk.jabarprov.go.id/berita-diskuk-jabar/umkm-harus-memanfaatkan-pemasaran-digital
Adiputra, I. G., Andartama, D., & Theresa, S. (2024). Pelatihan E-commerce dan Etika Bisnis pada Usaha Mikro di Kelurahan Pasir Kaliki Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 4(4), 1025–1034. https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jamsi.1267
Agung, A., Mubarrok, D. H., Timorani, J. N., Fittriani, S., Komara, B., & Puteri, F. R. (2024). Penguatan Potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Bisnis Digital di Desa Mekarharja Ciamis. Khidmat, 2(2), 143–154. https://riset-iaid.net/index.php/khidmat/article/view/1968
Apipah, N., Dumadi, & Riono, S. B. (2022). Edukasi Penetapan Harga Jual bagi Pelaku UMKM Harum Manis Desa Parereja, Brebes. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i3.13
Artameilina, E., Islam, M. H., & Syuhri, S. (2024). Upaya Meningkatkan Pemasaran Produk Rengginang. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 6(3), 482–488. https://doi.org/10.37034/infeb.v6i3.923
Avriyanti, S. (2021). Strategi Bertahan Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong ). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 5(1), 60–74. https://doi.org/10.35722/pubbis.v5i1.380
Azizah, T. N., Sari, M., Pratika, D., Hariyadi, R. P., Roswaty, Syafitri, L., & Putri, A. U. (2024). Strategi Pemasaran Melalui Penerapan Desain Visual dalam Memperluas Jangkauan Pasar Pada Usaha Emping Singkong Khanza Di Desa Talang Nangka. Community Development Journal, 5(5), 10485–10490. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36835
Hasanuddin, S. (2024). Jumlah UMKM Go Digital 2024. Antara Foto. https://www.antarafoto.com/id/view/2350537/jumlah-umkm-go-digital-2024#:~:text=Pedagang pakaian menjual dagangannya melalui,toko daring
Hidayatullah, S., & Anggraini, I. (2024). Pemasaran Produk UMKM Keripik Singkong Dan Pisang Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja. Jurnal Kewirausahaan & Inovasi, 1(2), 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/jkwi.v1i2.327
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2024). Kominfo Targetkan 30 Juta UMKM Adopsi Teknologi Digital pada 2024. Panrb. https://menpan.go.id/site/berita-terkini/berita-daerah/kominfo-targetkan-30-juta-umkm-adopsi-teknologi-digital-pada-2024
Khairunnisah, R., Caropeboka, R. M., Zianaida, R. S., & Zabir, B. (2023). Perilaku Komunikasi Pemasaran Online Offline Melalui Omnichannel Dalam Membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Studi Ilmu Komunikai (JSIKOM), 02(03), 67–70. https://openrecruitment.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/16316
Kiptiyah, M., & Rohman, A. (2024). Analisis Kelayakan Bisnis pada Usaha UMKM Petis Ikan Tongkol Desa Sepulu Dintinjau dari Aspek Pemasaran. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.62281/v2i6.564
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Lestari, D., Masruchin, & Nur Latifah, F. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Syariah Pada Umkm Franchise Pentol Kabul Dalam Meningkatkan Pendapatan. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(1), 216–229. https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(1).9243
Nurendah, Y., Mekaniwati, A., & Maulina, D. (2020). PKM Pelatihan Strategi Pengembangan Bauran Pemasaran Untuk Peningkatan Omzet UMKM. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 9–16. https://doi.org/10.37641/jadkes.v2i1.428
Pahira, G., Kusuma, R. P., & Suhendar, H. (2022). Perancangan Desain Merchandise Menggunakan Metode Kreatif Sebagai Promosi Brand Produk (Studi Kasus : Gifa Group). Jurnal Digit, 12(1), 103–114. https://doi.org/10.51920/jd.v12i1.221
Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha , Modal Usaha, Strategi, Pemasaran, Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(9), 13–28. https://doi.org/10.1007/BF02532975
Purwasih, I., Nopriansyah, S., Marleza, Y., & Anggriani, I. (2024). Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Desa Taba Pasmah Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Dehasen Mengabdi, 3(2), 145–150. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/jdm.v3i2.6631
Rahadi, D. R., & Wardiman, C. (2022). Strategi Pemasaran Umkm di Masa Pandemi Covid-19. Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 5(1), 96–106. https://doi.org/10.24014/ekl.v5i1.14713
Sudarwati, Y., & Izzaty. (2022). Manajemen Hubungan Pelanggan Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 13(1), 13–28. https://doi.org/10.22212/jekp.v13i1.1988
Sugandini, D., Effendi, M. I., Istanto, Y., Arundati, R., & Rahmawati, E. D. (2019). Pemasaran Digital: Adopsi Media Sosial Pada UKM. Zahir Publishing.
Tim Portal Bandung Timur, & Retno, H. (2024). Bibika, Makanan Khas dari Kampung Terpencil di Kabupaten Bandung. Portal Bandung Timur. https://portalbandungtimur.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-948218514/bibika-makanan-khas-dari-kampung-terpencil-di-kabupaten-bandung?page=all#:~:text=Bibika%2C Makanan Khas dari Kampung,Kabupaten Bandung - Portal Bandung Timur
Waluyo, D. (2024). UMKM Indonesia Makin Kuat: Program Level Up 2024 Siap Dorong Digitalisasi Bisnis. Indonesia.Go.Id. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/8587/umkm-indonesia-makin-kuat-program-level-up-2024-siap-dorong-digitalisasi-bisnis#:~:text=Cakupan Wilayah dan Sektor,saing UMKM di era digital.
DOI: https://doi.org/10.35194/je.v5i2.4636
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Suryakancana University Research and Service Institute.
Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.