PENINGKATAN PENGALAMAN KERJA SISWA SEKOLAH KEJURUAN BERBASIS PRAKTIK LAPANGAN PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA KEDIRI

Magfirotus Sa'idah, Feny Rukmanasari, Prima Ayu Rizqi Mahanani

Abstract


ABSTRAK

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting agar kita dapat berkompetisi dalam dunia kerja serta mampu mengembangkan skill yang dimiliki. Sekolah Menengah Kejuruan mempunyai upaya untuk meningkatkan keterampilan siswanya, salah satunya dengan mengadakan praktik kerja lapangan (PKL). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa dengan dilaksanakannya PKL, siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pawyatan Daha 1 Kediri dapat meningkatkan kemampuan dan pengalaman kerja pada Dinas Pendidikan Kota Kediri. Dengan menggunakan metode service learning, pelaksanaan praktik kerja lapangan oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pawyatan Daha 1 Kediri berjalan cukup baik dan memberikan manfaat terhadap peningkatan pengalaman di dunia kerja, yaitu menambah dan mengasah keterampilan, mengenalkan siswa pada dunia kerja yang sesunggunya, dan menyiapkan lulusan sebagai sumber daya manusia yang berkualitas. Pada konteks ini, tujuan kegiatan PKL yang ditargetkan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Pawyatan Daha 1 Kediri sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) pelaksanaan magang yang diterapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Kediri.


ABSTRACT

Education is very important so that we can compete in the world of work and be able to develop our skills. Vocational High Schools have efforts to improve the skills of their students, one of which is by holding fieldwork practices (PKL). This study aims to prove that with the implementation of PKL, students of Pawyatan Daha 1 Kediri Vocational High School can improve their abilities and work experience at the Kediri City Education Office.  By using the service learning method, the implementation of fieldwork practices by students of Pawyatan Daha 1 Kediri Vocational High School went quite well and provided benefits for increasing experience in the world of work, namely adding and honing skills, introducing students to the real world of work, and preparing graduates as quality human resources. In this context, the objectives of PKL activities targeted by Pawyatan Daha 1 Kediri Vocational High School are in accordance with the standard operating procedures (SOP) for the implementation of internships implemented by the Kediri City Education Office.


Keywords


Pengalaman Kerja; Praktik Lapangan; Siswa; Sekolah Kejuruan; Work Experience; Field Practice; Students; Vocational Schools.

References


Arifin, S., & Darmawan, D. (2022). Studi Tentang Pengalaman Kerja, Komitmen Kerja, Dukungan Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan. Edunomika, 06(01), 7.

Asih Haryani, S. (2021). Manajemen dan Evaluasi Program Praktik Kerja Lapangan di SMK Negeri 2 Kebumen. Media Manajemen Pendidikan Http://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php/Mmp, 3(3), 3.

Atmawati, A., Samsudi, S., & Sudana, I. M. (2017). Keefektifan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Berbasis Industri pada Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video. Journal of Vocational and Career Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i2.13809

Coyle, M. (2015). Perencanaan Srategis Untuk Kemitraan Universitas - Masyarakat : Sebuah Pendekatan Apresiatif dan Partisipatif. Kementrian Agama Islam Republik Indonesia.

Dewi, T. Ay. P., & Arief Sadjiarto. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 5.

Indriati, I. H., & Nazhifi, H. A. (2022). Pengaruh Pengalaman Kerja, Disiplin Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Keryawan Swakelola Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak Yogyakarta. Jurnal Cafetaria, 3(1), 15.

Kusnaeni, Y., & Martono, S. (2016). Pengaruh Persepsi Tentang Praktik Kerja Lapangan, Informasi Dunia Kerja dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 16–29. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Mayyasa, S. (2022). Wawancara Siswa SMK Pawyatan Daha I.

Nawawi, I. (2021). Pengaruh pengalaman praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja mahasiswa perbankan syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam iain palangka raya. Skripsi, 3.

Nurjanah, Widodo, S., & Fitriawan, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Smart School pada Kegiatan Praktek Kerja Lapangan di SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 7.

Sitompul, S. S. (2021). Pengaruh Beban Kerja, Pengalaman Kerja, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tannery Sejahtera Mandiri Pekanbaru. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 2(2), 3.

Suwarno, & Aprianto, R. (2019). Pengaruh Pegalaman Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Sinar Niaga Sejahtera Kota Lubuklinggau. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Volume, 24(1), 9.




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v3i2.2736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.