CONVENIENCE, MOTIVATION, OPTIMISM AND RISK IN REALIZING CASHLESS SOCIETY GENERATION Z IN KARANGANYAR REGENCY, CENTRAL JAVA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah sebuah pengujian hipotesis yang bertujuan untuk melakukan analisis dan memahami pengaruh kemudahan, motivasi intrinsik, optimisme dan risiko terhadap fenomena masyarakat tanpa uang tunai (cashless society) di kalangan generasi Z di kabupaten Karanganyar. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif. Populasi yang diteliti adalah generasi Z di Kabupaten Karanganyar, dimana pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden sebagai sampel. Variabel independen yang dianalisis dalam studi ini mencakup kemudahan, motivasi intrinsik, optimisme, dan risiko, sedangkan variabel dependen adalah cashless society. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kemudahan, motivasi intrinsik, optimisme, berperan penting dalam mendorong terciptanya cashless society di kalangan generasi Z di Kabupaten Karanganyar. Sedangkan variabel persepsi risiko tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap fenomena cashless society di kalangan generasi Z di Kabupaten Karanganyar. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pemangku kepentingan dalam memahami faktor-faktor yang mendorong adopsi sistem pembayaran digital di kalangan generasi muda khususnya generasi Z di Kabupaten Karanganyar.
ABSTRACT
This study is a hypothesis testing aimed at analyzing and understanding the influence of ease of use, intrinsic motivation, optimism, and perceived risk on the phenomenon of cashless society among Generation Z in Karanganyar Regency. This research employs a quantitative approach. The population studied consists of Generation Z in Karanganyar Regency, where data collection was conducted through the distribution of questionnaires with a sample size of 200 respondents. The independent variables analyzed in this study are ease of use, intrinsic motivation, optimism, and perceived risk, while the dependent variable is cashless society. This study reveals that ease of use, intrinsic motivation, optimism play an important role in encouraging the creation of a cashless society among generation Z in Karanganyar Regency. Meanwhile, the perceived risk perception variable does not have a significant influence on the cashless society phenomenon among generation Z in Karanganyar Regency. These findings provide important insights for stakeholders in understanding the factors that drive the adoption of digital payments system among the younger generation, especially generation Z in Karanganyar Regency.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, F. T. (2021). Tingkat Optimisme pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Universitas Negeri Malang.
Adiani, W., Aprianingsih, A., & Purwanegara, M. S. (2021). Cashless Society in Progress: Capturing Different Generations Perspectives toward External Influence in E-Wallet Usage. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 24(2), 205–219. https://doi.org/10.14414/jebav.v24i2.2677
Agustina, T. (2021). Analisis Pengaruh Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan Suku Bunga Terhadap Inflasi Di Indonesia Periode 2009-2020 [Universitas Brawijaya]. https://repository.ub.ac.id/id/eprint/187946/
Al Ismiarif, N., Hasanah, S., & Nurhayati, I. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Berkarir di Bank Syariah (Studi Pada Mahasiswa Pasca Magang Program Studi Perbankan Syariah di Kota Semarang). Jurnal Medika Nusantara, 1(3), 268–292. https://doi.org/10.59680/medika.v1i3.475
Badriatin, T., Rinandiyana, L. R., & Marino, W. S. (2022). Persepsi Risiko dan Sikap Toleransi Risiko terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa. Jurnal Perspektif, 20(2), 158–163. https://doi.org/10.31294/jp.v20i2.13596
Buil, I., Catalán, S., & Martínez, E. (2019). Encouraging intrinsic motivation in management training: The use of business simulation games. The International Journal of Management Education, 17(2), 162–171. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2019.02.002
Firdaus, A., & Ahmad, K. (2023). Islamic Business and Performance Management. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003390947
Fishbach, A., & Woolley, K. (2022). The Structure of Intrinsic Motivation. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 9(1), 339–363. https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-012420-091122
Hadi, R. M., Februadi, A. C., & Gunawan, A. I. (2021). Analisis Persepsi Risiko dan Kepercayaan Konsumen dalam Belanja Online. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1138–1143. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2896
Herlina, D., & Firdaus, S. (2022). Dampak Sistem Pembayaran Non-Tunai Terhadap Permintaan Uang Kartal di Indonesia. Ecosains: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembangunan, 11(2), 107–119. https://doi.org/10.24036/ecosains.12073257.00
Joan, L., & Sitinjak, T. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8(2), 27–39. https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JM/article/view/596/372
Kaliongga, A., Iriani, A., & Mawardi, M. (2023). Reintegrasi dan Kontekstualisasi Kearifan Lokal Sintuwu Maroso: Upaya Menjawab Tantangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(2), 117–127. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p117-127
Keputusan pembelian e-commerce selama pandemi: persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, harga, dan sikap konsumen. (2023). Strata Business Review, 1(2), 139–152.
Kurnia Erza, E. (2020). Analisis Kebutuhan Informasi Generasi Z dalam Akses Informasi di Media. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, 12(1), 72–84. https://doi.org/10.37108/shaut.v12i1.303
Lukito, S., & Khairunnisa, K. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Keamanan Terhadap Cashless Society. Jurnal Informasi Akuntansi (JIA), 1(2), 107–117. https://doi.org/10.32524/jia.v1i2.588
Nurmalasari, S., Mulyadi, D., Pertiwi, S., Sandi, H., Fakultas Ekonomi, M., Bisnis, D., Buana, U., & Karawang, P. (2023). Effect of Ease of Use and Benefits E-Wallet for Transaction in Msmes East Telukjambe District Karawang. Jurnal Ekonomi, 12(03), 2023.
Pahniar Noviza, & Agus Fauzi. (2022). Optimisme Dan Harapan Terhadap Kinerja Perawat Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Rumah Sakit Pondok Indah. Jurnal Satya Mandiri Manajemen dan Bisnis, 8(1), 18–24. https://doi.org/10.54964/satyamandiri.v8i1.360
Prakosa, A., & Sumantika, A. (2019). Analisis Pengaruh Persepsi Teknologi dan Persepsi Risiko terhadap Kepercayaan Pengguna M-Banking. Jurnal Manajemen, 9(2), 270–282. https://doi.org/10.26460/jm.v9i2.1030
Puspitasari, A. N., Rotinsulu, T. O., & Niode, A. O. (2021). Analisis Pengaruh Transaksi Pembayaran Non Tunai terhadap Jumlah Uang Beredar M1 di Indonesia TAHUN 2009-2019. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 523–532. https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.34905
Putri, D. E., Sinaga, O. S., Sudirman, A., Augustinah, F., & Dharma, E. (2022). Analysis of the Effect of Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Trust, and Cashback Promotion on Intention to Use E-wallet. International Journal of Economics, Business and Management Research, 06(11), 63–75. https://doi.org/10.51505/IJEBMR.2022.61105
Putri, S., & Halmawati, H. (2020). Pengaruh Financial Literacy, Representativeness Bias, dan Bias Optimisme Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(3), 2976–2991. https://doi.org/10.24036/jea.v2i3.263
Ramayanti, A., & Khoiriawati, N. (2023). Pengaruh Motivasi, Pengetahuan dan Persepsi Terhadap Minat Berkarir Mahasiswa di Perbankan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2638–2649. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.8648
Rofaida, R., Suryana, Asti Nur Aryanti, & Yoga Perdana. (2020). Strategi Inovasi pada Industri Kreatif Digital: Upaya Memperoleh Keunggulan Bersaing pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 8(3), 402–414. https://doi.org/10.33059/jmk.v8i3.1909
Seligman, M. E. P. (2008). Menginstal Optimisme: Bagaimana Cara mengubah Pemikiran dan Kehidupan anda. Momentum.
Setyowati, L., & Nasir Ahmad, D. (2021). Pemanfaatan Big Data Dalam Era Teknologi 5.0. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 117–122. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.205
Suliah, & Pabulo, A. M. A. (2023). Pengaruh Media Sosial, Pengetahuan, dan Kemudahan Penggunaan QRIS terhadap Minat Generasi Z dalam Mengadopsi Teknologi Pembayaran Digital (Studi Kasus: Cilacap). Jurnal Sains dan Teknologi, 5(2), 619–625. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/saintek/article/view/2080
Syahrina, A., & Christiana, I. (2023). Efek Mediasi Kepercayaan pada Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat menggunakan e-Money. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(2), 161–174. https://doi.org/10.32502/jimn.v12i2.6041
Triadi, R., Hidayah, S., & Fasochah. (2019). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Terhadap Kinerja Pegawai yang dimediasi oleh Komitmen Organisasi (Studi Pada Pegawai Kantor Pertanahan Kota Semarang). Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 26(47), 1–17.
Trifiyanto, K. (2022). Adopsi Paylatter Pada Generasi Z: Mengintegrasi Model Penerimaan UTAUT2. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1882–1899. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2561
Utami, A. R. (2022). Persepsi Pengggunaan E-wallet OVO pada Generasi Z di Masa Pandemi Covid-19. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(3), 409–415. https://doi.org/10.55123/mamen.v1i3.828
Wahyuni, A. D., & Dahmiri, D. (2021). Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Keamanan Konsumen dan Implikasinya Terhadap Minat Beli Konsumen di Marketplace Shopee Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 10(01), 29–41. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.12384
Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., & Yasa, I. G. D. (2024). Keputusan pembelian e-commerce selama pandemi: persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, harga, dan sikap konsumen. Jurnal Ekonomi Sinergi, 8(1), 26–37. https://jurnalhost.com/index.php/jes/article/view/180
Wulandari, W., Hermanu, D. H., & Bernarto, I. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Optimisme Karyawan terhadap Employee Performance. Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, 4(3), 1685–1710. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss3.pp1685-1710
DOI: https://doi.org/10.35194/eeki.v5i1.4717
DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/eeki.v5i1.4717.g3330
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
El-Ecosy : Jurnal Study Ekonomi Syariah INDEXED BY :

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.