UPAYA PENINGKATAN PENGUMPULAN DANA PIHAK KETIGA MELALUI LAYANANPICK UP SERVICE DI PT. BPR CIANJUR JABAR CABANG CIKALONGKULON

Tanto Heryanto, Marwah Dariyyatus Salamah

Abstract


ABSTRAK

Dalam dunia perbankan penghimpunan dana pihak ketiga memiliki pengaruh yang sangat besar bagi keberlangsungan usaha suatu bank, karena kemampuan menghimpun dana yang optimal akan berdampak pada kemampuan bank dalam menyalurkan kredit atau pembiayaan dan akan dapat meningkatkan kemampuan menghasilkan laba. PT. BPR Cianjur Jabar Cabang Cikalongkulon dalam kegiatan operasionalnya menawarkan layanan simpanan deposito berjangka atau tabungan, kredit dan pinjaman, pembiayaan dan penempatan dana berdasarkan prinsip syariah. Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan penghimpunan dana pihak ketiga ini adalah dengan layanan pick up service. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui upaya penghimpunan dana pihak ketiga melalui layanan pick up service yang digunakan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penghimpunan dana pihak ketiga dalam pick up service di PT BPR Cianjur Jabar Cabang Cikalongkulon. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan hasil wawancara, observasi langsung di lapangan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi data.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan pick up service dapat membantu peningkatanjumlah dana pihak ketiga di PT BPR Cianjur Jabar Cabang Cikalongkulon selama tiga tahun terakhir. Untuk mempertahankan layanan pick up service yang sudah meningkat tersebut, disarankan agar dapat memperluas pangsa pasar serta meningkatkan aplikasi dikelar mobile agar meminimalisir adanya error dalam aplikasi tersebut.

ABSTRACT

In the banking world, the collection of third-party funds has a considerable influence on the sustainability of a bank's business, because the optimal ability to collect funds will have an impact on the bank's ability to channel credit or financing and will be able to increase the ability to generate profits. PT. BPR Cianjur Jabar Cikalongkulon Branch in its operational activities offers services for time deposits or savings, credit and loans, financing, and placement of funds based on sharia principles. Therefore, one of the efforts made to increase the collection of third-party funds is with pick-up service. The purpose of this study is to determine the efforts to raise third-party funds through the pickup service used and what factors affect the collection of third-party funds in the pickup service at PT BPR Cianjur Jabar, Cikalongkulon Branch. The research uses a qualitative descriptive approach, with data collection techniques using interviews, direct observations in the field, and documentation studies. The data analysis technique uses data triangulation. The results showed that the pickup service can help increase the number of third-party funds at PT BPR Cianjur Jabar Cikalongkulon Branch over the last three years. To maintain the increased pick-up service, it is recommended to expand market share and increase the mobile application to minimize errors in the application.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Dana Pihak Ketiga; Pick Up Service; Service Quality; Third-party funds; Pick Up Service

References


REFERENSI

Dendawijaya, Lukman. (2020), Manajemen Perbankan, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ginting, Ginta. (2021). Pemasaran Jasa Edisi Ke-2. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka

Husaeni, U. A., Zakiah, S., & Faisal, F. (2021). Determinants of Micro and Small Business Financing In Sharia Commercial Banks In Indonesia. Journal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1499–1504.

Indonesia, Bankir, Ikatan. (2014). Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. Jakarta: Gramedia

Jayengsari, R., & Husaeni, U. A. (2020). MANAGEMENT OF FINANCIAL INCLUSION IN ISLAMIC BANKING: EVIDENCE FROM INDONESIA. Agregat: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 44–58. https://doi.org/10.22236/agregat

Jayengsari, R., & Husaeni, U. A. (2021). the Role of Baitul Maal Wa Tamwil in Alleviating Poverty in Cianjur Regency, West Java. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 5(1), 56–66. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v5i1.6686

Kasmir, (2012) Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi revisi ke-8, Jakarta; Penerbit Raja Grasindo Persada.

Muhamad. (2015), Manajemen Dana Bank Syariah, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhamad. (2005), Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Muhammad Syafi’i Antonio, Bank Syariah Dari Teori ke Praktik, (2010), Jakarta; Gema Insani.

Nurjaya, N., Jatmika, R. T. D., Husaeni, U. A., & Yudih, D. (2021). Pengaruh Lokasi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Farmers di Wilayah Cianjur, Jawa Barat. Jurnal Tadbir Peradaban, 1(2), 77–85. https://doi.org/10.55182/jtp.v1i2.42

Prasetyoningrum, Ari Kristin. (2015), Risiko Bank Syariah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soemitra, Andri. (2018), Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Ed 2, Jakarta; Prenadamedia Grup.

Sugiyono. (2015), Metode Penelitian Sosial, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017), Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35194/eeki.v2i2.2508

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35194/eeki.v2i2.2508.g1810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

El-Ecosy : Jurnal Study Ekonomi Syariah INDEXED BY :

     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.