Kritik Sosial dalam Novel "Anak-Anak Tukang" Karya Baby Ahnan
Abstract
Artikel ini mendiskusikan kritik sosial dalam novel “Anak-Anak Tukang” karya Baby Ahnan. Novel itu mengisahkan hiruk piruk kehidupan lingkungan sosial yang di dalamnya mengandung kritik sosial seperti soal pemerataan pembangunan pendidikan. Sementara pengertian kritik pada dasarnya merupakan wujud sambutan pembaca yang menghakimi serta menilai karya sastra guna memberi penilaian dan memberi keputusan baik dan buruk tidaknya suatu karya satra yang telah dibaca oleh kritikus. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan sosiologi sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan fisik yang terjadi di daerah seperti Flores ternyata tidak menjamin terjadinya peningkatan kesejatraan masyarakat. Kemudian, pemanfaatan tenaga kerja lokal di sektor pembangunan menjadi tidak optimal karena pendidikan mereka rendah sebagai akibat pendidikan yang tidak merata.
Katakunci: kritik, sosial, lingkungan, pendidikan
Abstract:
This article discusses social criticism in Baby Ahnan's novel “Anak-Anak Tukang”. The novel tells a story of the hustle and bustle of social life which contains social criticism, such as the issue of equality of education. Meanwhile, the definition of criticism is basically a form of response from readers who judge and judge literary works in order to give judgments and make decisions about whether or not a literary work has been read by critics. The method used was descriptive qualitative method and sociological literary approach. The results show that physical infrastructure development in areas such as Flores did not guarantee an improvement in the welfare of the community. Then, the utilization of local labor in the development sector is not optimal because their education is low as a result of unequal education.
Keywords: criticism, education, environmental, social
Full Text:
PDFReferences
Ahnan, B. (2017). Anak-Anak Tukang. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Atmanti, D. d. (2013). Analisis Ketimpangan Pembangunan Provinsi Banten Pasca Pemekaran. Diponegoro Journal Of Economics, 2.
Dhyatmika, W. K. (2013). Analisis Ketimpangan Pembangunan Provinsi Banten Pasca Pemekaran. Jurnal UNDIP, 2
Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Pelajar Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Nomo 45 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1.
Fauzan. (2014). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Bebek H. Slamet di Kota Malang. Jurnal Modernisasi, 10.
Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Masyarakat Sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal EduTech, 2.
Ida, F. d. (2014). Pengaruh Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Bebek H. Slamet di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 10.
Imam, A. (2017). Kritik Sosial dalam Novel O Karya Eka Kurniawan: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 9.
Mudjiono, Yoyon. (2013). Komunikasi Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2.
Retnasih. (2014). Kritik Sosial dalam Roman Momu Karya Michael Ende (Analisis Sosiologi Sastra). Pendidikan Bahasa Jerman, Universitas Negeri Yogyakarta.
Hambali, dkk. (2010). Naskah Komprehensif Perubahan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Sekretariat Jendral dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi.
Sugiarti. (2014). Dinamika Pemikiran Kritis NH. Dini Ayu Utami dalam Prespektif Kajian Budaya. Kajian Linguistik dan Sastra, 26.
Suwondo, T. (2010). Kritik Sastra Indonesia Dalam Jurnal Humaniora Tahun 2000-2008. Prosiding Workshop Forum Peneliti.
Syarifuddin. (2018). Kajian Struktural dan Sosiologi Sastra dalam Novel Seputih Hati Yang Tercabik. Jurnal KATA, 2.
Tamara, Riana Monalisa. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Pelajar di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Pendidikan Geografi
DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v9i2.990
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.