Blended Learning dalam Pembentukan Kemandirian Belajar

Purwati Zisca Diana, Denik Wirawati, Sholeha Rosalia

Abstract


Tulisan ini akan mendeskripsikan penggunaan blended learning dalam meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan presentase. Subjek penelitian mahasiswa angkatan 2018 sebanyak 142 responden. Datapenelitian diambil dengan  menggunakan kuesioner dan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan blended learning menjadikan mahasiswa dapat belajar lebih mandiri. Hasil setiap indikator sebagai berikut. 1) ketidaktergantungan terhadap orang lain sebesar 80,12%; 2) memiliki kepercayaan diri sebesar 74,97%; 3) berperilaku disiplin sebesar 78,43%; 4) memiliki rasa tanggung jawab sebesar 77,61%; 5) berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri sebesar 79,87%; dan 6) melakukan kontrol diri sebesar 76,37%.  Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa blended learning dapat menjadi alternatif pilihan model pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa.

Kata kunci: blended, Bahasa Indonesia, mandiri

This paper will describe the use of blended learning to improve student learning independence. The research method used was descriptive quantitative, with data analysis using percentages. The research subjects were 142 respondents of the class of 2018. Data were taken using questionnaire and Likert scale. The results show that the use of blended learning made students able to learn more independently. The results of each indicator are as follows. 1) dependence 80.12%; 2) confidence 74.97%; 3) discipline 78.43%; 4) a sense of responsibility 77.61%; 5) behaving based on their own  initiative 79.87%; and 6) self-control 76.37%. The results indicate that blended learning can be an alternative learning model  applied to improve students’ learning independence.

Keywords: blended, Indonesian, independent

 

 


Full Text:

PDF

References


Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Henry Praherdhiono. (2019). Blended Learning dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 02(02), 109–114.

Damayanty, D. Y. (2016). Hubungan Antara Kemampuan Numerik, Kecerdasan Emosi dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa. Garuda. Retrieved from http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/907298

Diana, P. Z. (2016). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kolaboratif untuk Penguatan Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. In Disertasi. Universitas Sebelas Maret Surakarta: Unpublished.

Garrison, D. R., & Kanuka, H. (2004). Blended learning : Uncovering its transformative potential in higher education. 7, 95–105. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2004.02.001

Handoko, & Waskito. (2018). Blended Learning: Teori dan Penerapannya. Padang: LPTIK Universitas Andalas.

Kristanto, A., Mustaji, & Mariono, A. (2017). The Development of Instructional Materials E-Learning Based on Blended Learning. International Educational Studies, 10(7), 10–17.

Kurniady, H. K. Pemanfaatan Model Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah secara Kolaboratif dengan Menggunakan Teknik Portofolio dalam Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia. , (2008).

Mu’in Fatchul, & Amelia, R. (2018). Unraveling English Departement Students Perception of Using E-Learning. Arab World English Journal, 4(Special Issue), 132–143.

Ningsih, Dini N., et al. “Pengembangan Aplikasi Kesenian Rengkong pada Pembelajaran Sastra Berbasis Kearifan Lokal.†Bahastra, vol. 39, no. 2, 2019.

Oliver, M., & Trigwel, K. (2005). Can “Blended Learning†Be Redeemed? E-Learning, 2(1), 17–26.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378.

Stein, Jared & Graham, C. R. (2014). Essentials for Blended Learning. New York: Routledge.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.