Penggunaan Strategi Inkuiri dalam Pembelajaran Menganalisis Nilai-Nilai Religius Biografi Buya Hamka

Firna Novian Gustiani

Abstract


Artikel ini membahas penggunaan strategi inkuiri dalam pembelajaran menganalisis  nilai religius biografi Buya Hamka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian 31 siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Cibeber. Pengumpulan data menggunakan format observasi, rubrik penilaian, dan hasil analisis nilia-nilai religius dalam biografi Buya Hamka. Proses dan hasil pembelajaran siswa di analisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses dan hasil belajar siswa dapat di tingkatkan melalui strategi inkuiri. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menganalisis nilai-nilai religius dalam biografi Buya Hamka dengan menggunakan strategi inkuiri sudah baik.

This article discusses the use of inquiry strategies in learning to analyze the religious value of Buya Hamka's biography. The method used in this research was descriptive method. Research subjects were 31 students of class XI Science 4 SMA Negeri 1 Cibeber. Data collection used observation format, assessment rubric, and the result of analysis of religious values in the biography of Buya Hamka. The process and results of student learning were analyzed with quantitative and qualitative techniques. The results show that the process and student learning outcomes can be improved through inquiry strategies. The results also show that the ability of students to analyze religious values in the biography of Buya Hamka by using an inquiry strategy was good.

Kata kunci: Inkuiri, Biografi, Religius, Buya Hamka


Full Text:

PDF

References


Anam, Khoirul. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Pustaka Pelajar, 2011.

Anam, Rif’at Shafwatul. “Efektivitas dan Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.†Mimbar Sekolah Dasar, 2015, doi:10.17509/mimbar-sd.v2i1.1334.

Anggareni, N. W., et al. “Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP.†E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2013.

Arikunto, Suharsimi. Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara, 2014.

---. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta, 2010.

Dewi, Narni Lestari, et al. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA.†Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2013.

Kridalaksana, Harimurti. Kamus Linguistik Edisi Keempat. PT Gramedia, 2008.

Kurniawati, I. D., and M. Diantoro. “Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan the Effect of Peer Instruction Integrated Guided Inquiry Learning on Concepts Acquisition and Critical Thinking of Students.†Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 2014, doi:10.15294/jpfi.v10i1.3049.

Samani, Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya Ofset, 2011.

Tarigan, Henry Guntur. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa, 1986.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v8i2.442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.