Perkembangan Mental pada Tokoh Utama dalam Novel "Catatan Juang" Karya Fiersa Besari

Yunita Trisnawati

Abstract


Artikel ini akan membahas pekembangan mental serta upaya dalam menjaga kesehatan mental yang digambarkan  dalam novel “Catatan Juang” karya Fiersa Besari. Metode yang digunakann dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan interpretatif. Teknik penelitian berupa membaca, memahami, mencatat dan mengidentifikasi bentuk perkembangan mental yang terdapat dalam novel. Berdasarkan analisis dapat diketahui bahwa bentuk mental yang terdapat dalam novel berupa kehilangan harga diri dan kepercayaan diri, serta merasa efisien dalam tindakannya. Upaya sang tokoh dalam menjaga kesehatan mental yakni dengan cara  memiliki perasaan batin yang bergairah, tenang, dan harmonis. Tokoh digambarkan mudah beradaptasi dengan standar, norma, dan nilai sosial, tuntutan, serta perubahan sosial, tempat ia berada. Tokoh merasa ada koordinasi yang baik antara tenaga, aktivitas, dan potensi yang dimiliki individu.  Struktur kepribadian tokoh utuh dan teratur. Tokoh memiliki tujuan hidup yang sehat dan masuk akal.

Katakuncimental;  perkembangan;  psikologi.  

 

Abstract:

This article will discuss mental development and efforts to maintain mental health as described in the novel “Catatan Juang” by Fiersa Besari. The method used in this research was a qualitative descriptive method with an interpretive approach. The research techniques were reading, understanding, recording, and identifying types of mental development in the novel. Based on the analysis, it can be revealed that the mental issues shown in the novel are losing self-esteem and self-confidence and feeling efficient in their actions. The characters’ efforts in maintaining mental health are by having a passionate, calm, and harmonious inner feeling. The character is described as adaptable to social standards, norms, values, demands, and social changes. The characters consider that there is good coordination between energy, activity, and individual potential. The personality structure of the characters is complete and organized. The characters have strong and reasonable life goals.

Keywords: mental; development; psychology


Full Text:

PDF

References


Andhini, D. A., & Arifin, Z. (2021). Gaya bahasa perbandingan dalam novel catatan juang karya fiersa besari: kajian stilistika dan relevansinya sebagai bahan ajar sastra di sma. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 23–35.

Ariadi, P. (2013). Kesehatan Mental dalam Perspektif Islam. Syifa’ MEDIKA: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 3(2), 118. https://doi.org/10.32502/sm.v3i2.1433

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717

Astuti, P., Mulawarman, W. G., & Rokhmansyah, A. (2018). Ketidakadilan Gender Terhadap Tokoh Perempuan Dalam Novel Genduk Karya Sundari Mardjuki: Kajian Kritik Sastra Feminisme. Ilmu Budaya (Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Budaya), 2(2), 105–114.

Halimah, Seli, S., & Wartiningsih, A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Catatan Juang karya Fiersa Besari. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, XII(1), 234–244.

K, F., & Dewi Aisyah. (2021). Peningkatan Kesehatan Mental Anak Dan Remaja Melalui Ibadah Keislaman. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.292

Nisak, K., & Anggraini, P. (2020). Kritik Sosial dalam Novel “Anak-Anak Tukang” Karya Baby Ahnan. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(2), 146. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i2.990

Pebrianti, D. K. (2021). Pentingnya Menjaga Kesehatan Jiwa saat Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 3(2), 178–184.

Salirawati, D. (2012). Percaya Diri, Keingintahuan, Dan Berjiwa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 213–224. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1305

Santoso, M. B. (2016). Kesehatan Mental Dalam Perspektif Pekerjaan Sosial. Share : Social Work Journal, 6(1). https://doi.org/10.24198/share.v6i1.13160

Triningtyas, D. A. (2016). Studi Kasus Tentang Rasa Percaya Diri, Faktor Penyebabnya Dan Upaya Memperbaiki Dengan Menggunakan Konseling Individual. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.239

Wardani, H. I. K., & Sudaryani, R. R. S. (2020). Citra Perempuan dalam Novel “Kala” Karya Stefani Bella dan Syahid Muhammad. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(2), 164. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i2.1059

Yolanda, Y. E., & Wicaksono, L. (2020). Studi Tentang Anak Yang Kurang Percaya Diri pada Peserta Didik di SMA Negeri 05 Pontianak. Jurnal Khatuistiwa, 9, 1–8.

Besari, F. (2017). Catatan Juang. Jakarta: mediakita.

Drs. Warsiman, M. P. (2016). membunyikan pembelajaran sastra yang humanis. Malang: UB Press.

Ratna, P. D. (2011). antropologi sastra peranan unsur-unsur kebudayaan dalam proses kreatif. yogyakarta: pustaka belajar.

Drs. Ahmad Susanto, M. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. jakarta: prenadamedia group.

Prof. dr. h. muzzakir, m. a. (2018). hidup sehat dan bahagia dalam perspektif tasawuf. jakarta: prenadamedia group.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v11i1.1648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.