Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi dalam Iklan Produk Pangan di Televisi Selama Ramadan

Citra Putri Wijayanti, Leni Kurniawati, Mohammad Iqbal Setiawan, Panji Hidayat

Abstract


Artikel ini akan mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa pada tataran morfologi dalam iklan produk pangan di televisi selama Ramadan. Penelitian dilakukan dengan metode simak,  teknik dasar sadap, yang dilanjutkan dengan teknik lanjut catat. Data dianalis menggunakan metode padan referensial dengan alat penentu berupa referen dan dilanjutkan dengan teknik dasar pilah unsur penentu dan teknnik lanjut hubung banding sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 21 iklan produk pangan di televisi selama Ramadan yang mengandung kesalahan berbahasa pada tataran morfologi dengan total 52 kesalahan. Kesalahan berbahasa tersebut meliputi kesalahan pada pembubuhan afiksasi sejumlah 47 kesalahan yang mencakup penghilangan afiksasi dan penggunaan afiksasi yang tidak tepat. Sementara itu, kesalahan pada penggantian morf ditemukan sejumlah 5 kesalahan, yakni berupa penyingkatan morf. Dengan penelitian ini, peneliti berharap para pembuat iklan dan produsen lebih memerhatikan kembali penggunaan bahasa dalam iklannya.

Katakunci: iklan; kesalahan; morfologi; pangan; produk  

Abstract:

This article will describe language errors at the morphological level in food product advertisements on television during Ramadan. The research was conducted using listening, recording, and note-taking technique. The data were analyzed using the referential equivalent method with a determining tool in the form of a reference and continued with the basic technique of categorizing the determining elements and advanced technique of equal comparison. The results show that there were 21 advertisements for food products on television during Ramadan which contained language errors at the morphological level with a total of 52 errors. The language errors include errors in affixing affixes of 47 errors which include omitting affixes and using inappropriate affixes. Meanwhile, there were 5 errors in the replacement of morphs, in the form of morphing abbreviations. With this research, it is expected that advertisers and producers pay more attention to the use of language in their advertisements.

Keywords: advertising; error; morphology; food; product 


Full Text:

PDF

References


Damayanti, Ervina. "Kesalahan Penggunaan Bahasa pada Iklan Komersial Media Luar Ruang di Kabupaten Kediri." Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 4, no.2, 2019, pp. 85—102.

Khotimah, Annisa Khusnul. "Language Errors in Public Advertisement." Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, Vol. 2, Juli 2017, pp. 19—22.

Kriyantono, Rachmat. Manajemen Periklanan. UB Press, 2013.

Mahsun. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Rajawali Pers, 2012.

Maizaldi, Ahmad Pandu, et al. "Penyimpangan Penulisan dalam Bidang Morfologi pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP." Jurnal Kata, Mei 2018, pp. 1—8.

Nisa, Khairun. "Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Berita dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru." Jurnal Bindo Sastra, Vol. 2, no. 2, 2018, pp. 218—224.

—. "Analisis Kesalahan Berbahasa Tiga Berita Pilihan Pada Surat Kabar Sinar Indonesia Baru." Jurnal Komunitas Bahasa, Vol. 6, no. 1, April 2018, pp. 54—61.

Pradhan, Vinodkumar Ashok. "Language of Advertising in Mass Media." Research Front, Vol. 2, no. 2, 2014, pp. 39—42.

Putri, Nurmiftahqur Rachma dan Sudaryanto. "Kesalahan Berbahasa Indonesia Tulis Pada Artikel Jurnal Spektrum Industri dan Kaitannya dengan Perkuliahan Penyuntingan." Lateralisasi, Vol. 8, no. 2, Desember 2020, pp. 67—75.

Rahayu, Anita and Sudaryanto. "Kesalahan Ejaan, Diksi, dan Morfologi dalam Karangan Deskripsi Mahasiswa asal Tiongkok." Jurnal Diglosia, Vol. 2, no. 1, Februari 2018, pp. 42—49.

Ramlan, M. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. CV Karyono, 2012.

Setiawan, Kodrat Eko Putro. "Makna Slogan dan Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Iklan Minuman di Televisi." Lingua Didaktika, Vol. 12, no. 2, 2018, pp. 169—178.

Setyawati, Nanik. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Yuma Pustaka, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, 2013.

Sutrisna, Deden. "Analisis Kesalahan Morfologi Bahasa Indonesia dalam Surat Kabar Radar Majalengka Edisi 16 dan 25 April 2016." Jurnal Diglosia, Vol. 1, no. 1, Februari 2017, pp. 16—33.

Tomo, Dicky Restu, et al. "Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia di Bidang Wacana dalam Iklan Produk-Produk Indonesia." Bahtera Indonesia, Vol. 5, no. 2, September 2020, pp. 192—203.

Utomo, Gabriella Tiara dan Stefanus Suprajitno. "Packaging Consumption: Stylistic Devices and Persuasive Functions of American and Indonesia Advertising Slogans." Jurnal K@ta, Vol. 20, no. 1, 2018, pp. 36—44.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v11i1.1587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.