Pemanfaatan Speechnote dan Colornote dalam Penelitian Sosiolinguistik

Aprilla Adawiyah, Siti Maryam, Aan Hasanah, Yeni Fitriani

Abstract


Artikel ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi “speechnote†dan “colornote†dalam penelitian sosiolinguistik. Pemanfaatan aplikasi dianggap menjadi hal yang memudahkan sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi. Metode deskriptif digunakan dalam penelitian dengan menggunakan data dari hasil wawancara. Pada penelitian, mahasiswa ditugasi untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa pada masyarakat. Perangkat wawancara dibawa berupa catatan kecil dan alat perekam. Penggunaan alat ini dapat mempermudah pemanfaatan aplikasi speechnote yang merekam suara dan langsung mengubahnya (transkripsi) ke dalam tulisan, serta colornote untuk mencatat hal-hal penting yang terdapat dalam penelitian. Data dikumpulkan dengan angket yang dibagikan melalui google form yang dibagikan pada 30 responden, berisi mengenai respon dan pemanfaatan speechnote dan colornote. Berdasarkan hasil angket, dikwtahui bahwa  speechnote dan colornote dapat digunakan dan mempermudah dalam penelitian sosiolinguistik.

Katakunci: colornote, speechnotes, sosiolinguistik 

Abstract:

This article aims to describe the use of â€speechnote" and "colornote" applications in sociolinguistic research. The use of applications is considered as a way to make everything easier that is relevant with today’s condition and and technology development. Descriptive method was used in this research using data from interviews. In conducting research, students were asked to describe the use of language in society. The tools of interview were in the form of note and recording device. The use of speechnote application that records voices and immediately converts it (transcription) into writing, as well as colornotes to record important things in research can make the process easier. Data were collected by means of  questionnaire distributed via google form which was distributed to 30 respondents, containing the responses and utilization of speechnote and colornote. Based on the results of the questionnaire, it is revealed that speechnote and colornote can be used and make sociolinguistic research easier.

Keywords: colornote, speechnotes, sociolinguistics


Full Text:

PDF

References


Andayu, N. P. (2013). Perancangan Text to Speech Converter Engine dalam Pengucapan Kata Berbahasa Arab Sehari-Hari. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), 1(3), 144–149.

Bagus, I. (2016). Teknik Wawancara dan Observasi untuk Pengumpulan Bahan Informasi. Universitas Udayana, 4. Retrieved from https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/8fe233c13f4addf4cee15c68d038aeb7.pdf

Christian, D. (n.d.). Kere Parah! Aplikasi Speechnotes, Aplikasi Futuristik. Retrieved from https://www.dennychristian.com/aplikasi-speech-note/

Joko Setiyono. (2019). Pemanfaatan Kamera Digital. Pemanfaatan Kamera Digital Oleh Pemustaka ii UPT Perpustakaan Isi Surakarta, 4, 1–72.

Latifah, L. (2017). Variasi Bahasa Dilihat dari Segi Pemakai pada Ranah Sosial Masyarakat Tutur Perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat di Majenang Kabupaten Cilacap. Conference on Language and Language Teaching, 498–502.

Lestari Nurjanah, S. E., Mulyadi, D., & Wijayatiningsih, T. D. (2019). the Analysis of Speechnote Application for Measuring the Accuracy of Students’ Pronounciation. Jurnal Lingua Idea, 10(1), 56. https://doi.org/10.20884/1.jli.2019.10.1.1435

M. Zaim. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural 1 2 Metode, 1–161. Retrieved from file:///C:/Users/USER/Downloads/Buku Metode penelitian Bahasa.pdf

Nugroho, S. A. (2013). Keefektifan Penggunaan Media Text to Speech dalam Pembelajaran Keteramplan Berbicara Bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Pakem Sleman (Vol. 26). Yogyakarta.

Play, G. (n.d.). SpeechNote. Retrieved from https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aaq.SpeechNote&hl=in

Ramendra, D. P. (2013). Variasi pemakaian bahasa pada masyarakat tutur kota singaraja. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(2), 275–287.

Sari, R. N. (2019). Cara Cepat Menulis Artikel - Speech Notes (Voice to Text). Retrieved from https://www.celotehdinihari.com/2018/03/menulis-artikel-lebih-mudah-cepat.html

Suhardi, B. (2009). Pedoman Penelitian Sosiolinguistik. Jakarta: Pusat Bahasa.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Supriyanta, Widodo, P., & Susanto, B. M. (2014). Aplikasi Konversi Suara Ke Teks Berbasis Android Menggunakan Google Speech Api. Bianglala Informatika, 2(2), 11–19.

Wijayati, P. A., Suryadi, A., & Parasetyo, N. D. (2019). Pemanfaatan Program Colour Note untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Sebagai Upaya Menduukung Budaya Literasi bagi Guru Sejarah SMA Kabupaten Semarang. Jurnal Panjar, 1(2), 163–166.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v10i1.1052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.