PENGARUH PARTISIPASI KELOMPOK WANITA TANI TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS HIDUP ANGGOTA (Studi Pada Program Kawasan Rumah Pangan Lestari Di Kelompok Wanita Tani Sakinah)

Robby Falentino, Denden Maulana

Abstract


   Pembentukan Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan sekelompok organisasi wanita yang bergerak dibidang pertanian baik off farm maupun on farm, dimana kaum perempuan diberikan pemberdayaan dan pelatihan khusus seputar dunia pertanian termasuk pada program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi dan tingkat kualitas hidup anggota Kelompok Wanita Tani pada program Kawasan Rumah Pangan Lestari dan pengaruh penerapan program Kawasan Rumah Pangan Lestari dalam peningkatan kualitas hidup anggota dengan menganalis pengaruh dari variabel partisipasi dan variabel kualitas hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan mengunakan analisis regresi linier sederhana sebagai perhitungan statistic dan distribusi frekuensi. Tiap variabel yang diukur terdiri yaitu variabel partisipasi dan variabel kualitas hidup masing-masing terdiri dari tiga dimensi, hasil dari pengukuran dengan menggunakan teknik analisis Deskriptif skala likert dengan mencari nilai bobot standar menunjukan pada variabel partisipasi (X) dengan total skor 696 sehingga pada garis kontinum setuju dengan pesentase 69,5% berada pada kategori baik. Sedangkan untuk pengukuran variabel kualitas hidup (Y) dengan total skor 667 sehingga pada garis kontinum cukup setuju dengan pesentase 59,28% berada pada kategori cukup baik. hasil analisis dengan menggunakan koefisien determinasi diperoleh 38,50% peningkatan kualitas hidup anggota dapat didukung oleh variabel penerapan program Kawasan Rumah Pangan Lestari, hal yang sama juga diperoleh berdasarkan hasil uji F sebesar 14,394 dan uji t sebesar 3,794 dimana semuanya dinyatakan signifikan bahwa “ Ada pengaruh penerapan program Kawasan Rumah Pangan Lestari dalam peningkatan kualitas hidup anggota”


Keywords


KWT, KRPL, Kualitas Hidup, Partisipasi

References


Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat Badan Litbang Pertanian. 2012. Kawasan Rumah Pangan Lestari Perkotaan dan Kebun Bergizi Melalui Model Kawasan Rumah pangan Lestari.

Mardikanto, T. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. UNS Press. Surakarta.

Sidik. Abdul. 2012.Cara Mudah Metode Statistika, Penerbit Mumtaz Publiser, Cianjur.

Sudjana, N. 2011. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Sugiyono. 2010. Statistika untukPenelitian. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v4i2.701

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY : 

             

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.