PENGEMBANGAN PRODUK MINUMAN HERBAL SEROJA MILK TEA READY TO DRINK MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING

Tiara Ayu Nastiti, Rika Nalinda, Fitria Naimatu Sadiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan produk minuman herbal Seroja Milk Tea, memperoleh alternatif produk yang tepat dan analisis nilai tambah berdasarkan metode value engineering dalam pengembangan produk minuman herbal Seroja Milk Tea yang disukai konsumen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari hingga bulan Juli 2023 untuk pengembangan produk di Perusahaan X, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY. Pemilihan lokasi penelitian ini dilakukan secara purposive sampling, pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur, eksperimen, kuesioner, dan wawancara, kemudian dianalisis dengan menggunakan skala likert untuk mengetahui tingkat kesukaan calon konsumen dan analisis deskriptif kuantitatif dengan metode value engineering. Hasil analisis data menunjukkan proses pengembangan produk minuman herbal Seroja Milk Tea menggunakan metode value engineering dilakukan dengan tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisis, tahap pengembangan, dan tahap rekomendasi. Alternatif produk yang terbaik berdasarkan metode value engineering dalam pengembangan produk minuman herbal Seroja Milk Tea yang disukai konsumen adalah alternatif 1 dengan perbandingan seduhan 3 meliputi 250 ml air, 25 g serai, 20 g jahe, 4 g teh, 24 g susu bubuk, 38 g vanilla, 14 g gula dan menggunakan jenis kemasan botol almond. Rasio nilai tambah dari pengembangan produk minuman herbal Seroja Milk Tea dengan metode value engineering tergolong sedang dengan persentase 40%.

Keywords


Minuman Herbal, Seroja Milk Tea, Value Engineering

References


Azmita. 2019. Menuju Industri kecil Profesional di Era Globalisasi Melalui Pemberdayaan Manajemen Industri. IPB Press, Bogor.

Bakri Bachyar, Ani Intiyati, dan Widartika. 2018. Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi. Jakarta.

Dewi Anggraini, I. A. K., Trisna Darmayanti, L. P., & Sugitha, I. M. (2020). PENGARUH LAMA PEREBUSAN PADA PEMBUATAN MINUMAN HERBAL DAUN SAWO (Manilkara zapota) TERHADAP KARAKTERISTIK DAN DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN Escherichia coli. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan (ITEPA), 9(3), 272.

Dwi, Intan Lestari (2023) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP TEH DALAM KEMASAN SIAP MINUM (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Andalas). Tesis Diploma, Universitas Andalas.

Hariyadi and Hartari, "Sortasi," in Pembersihan,Sortasi, dan Grading dalam satuan operasi industri pangan, Jakarta, 2018, pp. 1.1-1.34.

Katno, Pramono S. 2009. Tingkat Manfaat dan Keamanan Tanaman Obat dan Obat Tradisional. Balai Penelitian Obat Tawangmangu, Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada [press release]. Yogyakarta: Fakultas Farmasi UGM.

Kharismahayati, P., & Sugiyanto. (2006). Persepsi cita rasa minuman kopi siap saji dan perbedaan warna kemasan. Anima Indonesian Psychological Journal, 22(1), 28-36.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip Prinsip Pemasaran (Edisi 12). Erlangga.

Meriza, F., Lestari, D. A., & Soelaiman, A. (2016, Januari). Sikap Dan Kepuasan Rumah Tangga Konsumen Teh Celup Sariwangi Dan Sosro Di Bandar Lampung. Jurnal Ilmu-ilmu Agribisnis, 67-75.

Millatul Ulya, Wasilah, Raden Faridz. 2020. “Pengembangan Produk Minuman Herbal Berbasis Teh Cabe Jawa (Piper Retrofractum Vahl.) Menggunakan Metode Value Engineering.” Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agoindustri 9(2): 119–27.

Pratama. (2018). Desain Kemasan dan Label Produk Makanan. Kumpulan Modul Pelatihan. UPT B2PTTG-LIPI Subang.

Pujianto, T., Kastaman, R., & Utami, I. A. (2016). Penerapan rekayasa nilai dalam pemilihan rancangan kemasan dan rasa produk dodol berdasar pada ketertarikan konsumen. In Proceeding Seminar Nasional Peningkatan Kapabilitas UMKM dalam Mewujudkan UMKM Naik Kelas (pp. 215–226).

Puput M, et al. 2018. Uji Efektivitas Repellent Sediaan Lotion Kombinasi Minyak. Atsiri Daun Zodia (Evodia Suaveolens Scheff) Dan Minyak Atsiri Batang Serai (Cymbopogon citratus) Terhadap Nyamuk Aedes aegypti L.

Rosita, M., Hidayat, K., & Maflahah, I. (2018). Analisis Nilai Tambah Olahan Ikan Peperek (Leiognathus equulus) Menjadi Ikan Peperek Crispy Menggunakan Metode Value Engineering. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 10(1), 15-25.

Sianturi, Lidia Yolanda. 2020. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Minuman Teh Dalam Kemasan (Ready to Drink) di Kota Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v13i2.3600

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.