FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PETANI PADA USAHATANI PADI PANDANWANGI DI KECAMATAN GEKBRONG DAN WARUNGKONDANG KABUPATEN CIANJUR

Muhammad Dzikri, Endah Lisarini

Abstract


Ketahanan pangan berbasis kearifan lokal pada saat sekarang masih terus digalakkan sebagai bagian dari program pangan pemerintah. Pandanwangi merupakan kearifan lokal Cianjur yang terus dikembangkan dan dilestarikan di daerah Indikasi Geografis. Dengan semakin banyaknya varietas unggul baru yang berumur lebih pendek daripada Pandanwangi, menjadi alasan banyak petani yang enggan membudidayakannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : 1) mengetahui faktor yang membuat petani loyal terhadap usahatani padi Pandanwangi di Kecamatan Gekbrong dan Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. 2). mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi loyalitas petani pada usahatani padi Pandanwangi di Kecamatan Gekbrong dan Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 50 responden petani yang selama ini tetap menanam padi Pandanwangi. Tanggapan atas pertanyaan melalui kuesioner diolah dan dianalisis menggunakan Analisis Jalur. Analisis Jalur digunakan untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan dari variabel eksogen yaitu Kepuasan, Kualitas, dan Citra terhadap variabel endogen yaitu Loyalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan (akan potensi hasil dan daya jual), kualitas (murni dan beraroma khas) dan citra (merupakan kearifan local dan bersertifikasi Indikasi Geografis) merupakan faktor-faktor yang berpengaruh signifikan secara simultan terrhadap loyalitas petani, namun secara parsial hanya faktor citra yang berpengaruh signifikan sekaligus sebagai faktor dominan. Petani tetap loyal membudidayakan Pandanwangi karena Pandanwangi sudah bersertifikasi Indikasi Geografis dan merupakan varietas padi lokal yang memiliki sifat unggul.

 


Keywords


Kepuasan; Kualitas; Citra Pandanwangi.

References


Bagram, Mohammad and Khan, S. 2012. “Attaining Customer Loyalty! The Role of Consummer Attitude and Consummer Behaviourâ€. Journal of International Review of Management and Business Research. Vol. 1. Issue 1.

Dewi, 2008. “Pengaruh Kepemilikan Managerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividenâ€. Jurnal Bisnis dan Akuntansi.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Cianjur, 2016. Luas Lahan Sentra Produksi Padi Pandanwangi di Kabupaten Cianjur.

Gerson, R. F, 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kadarsan, 2015. Analisis Usahatani Cabai Merah Besar (Studi Kasus Di Desa Semambung, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur). Fakultas Pertanian Universitas Bojonegoro, Bojonegoro. http://ejournalunigoro.com/sites/default/files/Jurnal%20Pak%20Darsan_0.pdf

Kotler, Amstrong, 2002. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, 2001. Marketing Management. Milolenium Edition. Prentice Hall International, Inc. New Jersey.

Lisarini, 2017. Kualitas Produk, Komunikasi Pemasaran dan Luaran Saluran Distribusi Pemasaran Beras Pandanwangi Untuk Menciptakan Kepercayaan Konsumen Serta Implikasinya Pada Loyalitas Konsumen Di Wilayah Pemasaran Jawa Barat dan Jakarta. Disertasi, Program Doktor Ilmu Manajemen, Program Pasca Sarjana Universitas Pasundan Bandung.

Mardalis, Ahmad, 2005. Meraih Loyalitas Pelanggan. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nur Hayati. 2011. “The Effect of Customer Satisfaction, Customer Trust on Customer Loyalty of The Card Users of PT. Indosat Tbkâ€. Proceedings of The 1st International Conference on Information Systems for Business Copetitiveness.

Podesta, Rahmina, 2009. Pengaruh penggunaan benih sertifikat terhadap efisiensi dan pendapatan usahatani Padi Pandan Wangi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Soekartawi, 2002. Analisis Usahatani. UI Press, Jakarta.

Solimun, 2002. Struktural Equations Modelling (SEM). Lisrel dan Hines, Fakultas MIPA. Universitas Brawijaya, Malang.

Soman, D. and Marandi, S.N. 2010. Managing Customer Value. One stage at a time. World Scientific. University of Toronto, Canada.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Zehir, C.; Sahin, A.; Kitapci, H.; Ozsahin, M. 2011. “The Effect of Brand communication and Service Quality In Building Brand Loyalty Through Brand Trust; The Empirical Research On Global Brandsâ€. Journal of Procedia Social and Behavioral Sciences 24 (2011) 1218 – 1231.

Zulganef. 2006. Pemodelan Persamaan Struktural dan Aplikasinya Menggunakan Amos 5. Bandung: Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v8i1.354



AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.