PENGARUH PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI CAFE SELA KOPI CIANJUR

Asep Saepul Alam

Abstract


Indonesia memiliki 274.9 juta penduduk dengan 202.6 juta pengguna Internet atau 73.7% dan 170.0 juta pengguna sosial media aktif atau 61.8% dari keseluruhan populasi masyarakat di Indonesia dengan diantaranya pengguna Mobile Phone sebanyak 345.3 juta. Dengan rata rata menggunakan internet selama 8 jam 52 menit yang diantaranya menggunakan sosial media selama 3 jam 14 menit. Mengingat perkembangannya yang sangat cepat, sosial media dapat menjadi media paling strategis bagi pemasaran sebuah merek untuk menjangkau konsumen lebih luas. Café Sela Kopi merupakan salah satu pelaku bisnis yang menggunakan Sosial Media Instagram dalam pengenalan produknya. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh Media Instagram terhadap Minat Beli Konsumen dan Keputusan Pembelian Konsumen di Cafe Sela Kopi serta untuk mengetahui pengaruh Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Cafe Sela Kopi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Data yang diperoleh merupakan data hasil kuesioner online yang dibagikan kepada follower Instagram @Sela_Kopi yang berjumlah 80 orang dari total follower sebanyak 2.087 orang. Hasil penelitian ini adalah Instagram dapat mempengaruhi Minat Beli sebesar 28,7%. Instagram memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen di Cafe Sela Kopi Cianjur dengan t-hitung sebesar 5.598 > r-tabel 1.998, Instagram dapat mempengaruhi Keputusan Pembelian sebesar 25,3%. Instagram memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Cafe Sela Kopi Cianjur dengan 5.143 > r-tabel 1.998 dan Minat Beli dapat mempengaruhi Keputusan Pembelian sebanyak 17.3%. Minat Beli memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Cafe Sela Kopi Cianjur dengan t-hitung sebesar 4.094 > r-tabel 1.998.

Keywords


Instagram, Minat Beli, Keputusan Pembelian

References


Arief, G. M., & Millanyani, H. (2015). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. eProceedings of Management, 2581.

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2019). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Azuar, Irfan, & Saprinal. (2014). Metedologi Penelitian Bisnis. UmsuPress.

Budiman, & Riyanto. (2013). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika Press.

Dermawan, R. (2018). Pengambilan Keputusan. Bandung: Alfabeta Bandung.

Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2017). Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi Dengan Menggunakan Skewness Dan Kurtosis. Jurnal Varian.

Febriana, M. (2016). Hiperrealitas Angka Dalam Instagram (Studi Fenomenologi Tentang Dampak Media Sosial Dikalangan Peserta Didik SMA Negri 14 Surakarta).

Felix, R., Rauschnabel, P., & Hinsch, C. (2016). Elements of Strategic Social Media Marketing: A Holistic Framework. Journal of Business Research.

Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajemen Edisi Kedua. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ferdinand, A. (2002). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. BP Undip Semarang.

Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuisioner Menggunakan SPSS. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo.

Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, bagaimana meneliti dan menulis tesis. Edisi 3. Yogyakarta: Erlangga.

Kurniawati, D., & Arifin, N. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika.

Lininanti, E. (2018). Pengaruh Promosi Melalui Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 97-102.

Mertha Jaya, I. L. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Prosedur, Trend an Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ni'matuzahroh, & Prasetyaningrum, S. (2018). Observasi : Teori dan Aplikasi dalam Psikologi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 213.

Rahmawati, M., & Lestari, S. P. ( 2020). Pengaruh Penggunaan Selebgram (Celebrity Endorser Instagram) Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Pada Media Instagram. Jurnal Ekonomi Perjuangan (JUMPER), 138-153.

Sarwo Edi, F. R. (2016). Teori Wawancara Psikodignostik. Yogyakarta: Leutikaprio.

Schiffman, D., & Alan, K. (2000). Consumer Behavior. New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Sciffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior. 10th Ed. New Jersey: Prentice Hall.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan . Yogyakarta: Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen; Teori dan Penerapanya dalam Pemasaran . Bogor: Ghalia Indonesia.

Syahbani, M Fariz, & Widodo, A. (2017). Food blogger instagram: Promotion throught social media. Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis.

Widi R. (2011). Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian epidemiologi kedokteran gigi. JKG Unej.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v13i1.3163

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.