PENGARUH KEASLIAN DAN MEREK TERHADAP HARGA DAN KEPUASAN KONSUMEN BERAS PANDANWANGI CIANJUR

Muhammad Yahya Ahmad

Abstract


Beras Pandanwangi Cianjur merupakan beras khusus dengan merek yang sama dengan nama berasnya yang diproduksi di Kabupaten Cianjur yang merupakan indikasi geografis bagi wilayah tersbut.  Dengan merek yang sudah menjadi reputasi dalam pemasaran,  beras ini menghadapi permasalah terkait dengan persaingan dagang dengan penggunaan nama merek yang tidak menguntungkan bagi petani produsen beras pandanwangi.  Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2019 bertujuan untuk mengukur sampai sejauh mana pengaruh keaslian beras pandanwangi dan penggunaan merek terkait teradap harga dan kepuasan konsumennya.  Sebanyak  85 responden yang merupakan konsumen beras pandanwangi di Cianjur dilibatkan dalam penelitian ini.  Pengumpulan data dilakukan dengan aplikasi kuesioner yang berisikan variabel penelitian yang terdiri dari  keaslian beras (originality), merek (brand), harga (price) dan klepuasan konsumen (cunsumer satisfaction).   Data yang diperoleh diolah menggunakan model persamaan struktural (Structural Equation Modeling, SEM) dari Amos versi 21.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaminan keaslian atau originalitas beras pandanwangi akan mampu pendongkrak harga jual.  Keaslian beras pandanwangi, tentu saja diperoleh dari padi pandanwangi yang murni merupakan alasan penting jika petani menginginkan harga jual yang tinggi. Selanjutnya, harga beras pandanwangi  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen.  Hal ini mengindikasikan bahwa kepuasan pelanggan dapat dibangun melalui harga beras, dengan kata lain kepuasan konsumen akan terjadi untuk beras dengan harga tinggi karena secara prikologis jika beras pandanwangi dijual dengan harga murah akan memiliki efek psikologis negatif terhadap kepercayaan keasliannya. 

Hasil lain penelitian ini menunjukkan bahwa keaslian dan merek beras pandanwangi tidak berpengaruh secara langsung kepada kepuasan konsumennya. Namun sebaliknya, merek beras pandanwangi memiliki pengaruh yang signifikan kepada harga jual. Dengan kata lain   merek beras pandanwangi  memiliki kekuatan atau daya tawar yang kuat dalam pemasaran beras pandanwangi.


Keywords


Keasliaan, Merek, Harga, Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Anonym, 2012. Structural Equation Modeling Using AMOS. An Introduction. The Division of Statistics and Scientific Computation. The University of Texas at Austin. 52 pp. https://www.academia.edu/37345026/Structural_Equation_Modeling_Using_AMOS_An_Introduction

Anselmsson, J., Vestman Bondesson, N. and Johansson, U. (2014), Brand Image And Customers' Willingness to Pay a Price Premium for Food Brands. Journal of Product & Brand Management. 23(2):90-102. https://www.researchgate.net/publication/262606167_Brand_image_and_customers'_willingness_to_pay_a_price_premium_for_food_brands

Arbuckle, James L. 2012. IBM SPSS Amos 21User’s Guide. Amos Development Corporation. IBM. 680 pp.

Arsil, Poppy., Elton Li & Johan Bruwer. 2014. Perspectives on Consumer Perceptions of Local Foods: A View From Indonesia. Journal of International Food & Agribusiness Marketing. 26(2):107-124. https://www.researchgate.net/publication/261634004_Perspectives_on_Consumer_Perceptions_of_Local_Foods_A_View_From_Indonesia

Awan, Abdul Ghafoor and A. Rehman. 2014. Impact Of Customer Satisfaction On Brand Loyalty- An Empirical Analysis Of Home Appliances In Pakistan. British Journal of Marketing Studies. 2(8):18-32. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/308207898_Impact_Of_Customer_Satisfaction_On_Brand_Loyalty_An_Empirical_Analysis_Of_Home_Appliances_In_Pakistan

Fiamohe, Rose., Tebila Nakelse, Aliou Diagne, Papa A. Seck. 2015 Assessing the Effect of Consumer Purchasing Criteria for Types of Rice in Togo: A Choice Modeling Approach. Agribusiness, an International Journal. 31(3):433-452. https://bec.uac.bj/uploads/publication/b9914e3a3ffd89cd051f2434a3814c4d.pdf

Garavaglia, Christian, Paolo Mariani. 2017. How Much Do Consumers Value Protected Designation of Origin Certifications? Estimates of willingness to Pay for PDO Dry‐Cured Ham in Italy. Agribusiness, an International Journal 33(3):403-423. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/10.1002/agr.21494

Hooper, Daire., Joseph Coughlan dan Michael R. Mullen. 2008. Structural Equation Modelling: Guidelines for Determining Model Fit. Electronic Journal of Business Research Methods. 6(1):53-60. https://www.researchgate.net/publication/254742561_Structural_Equation_Modeling_Guidelines_for_Determining_Model_Fit

James B. Schreiber, Frances K. Stage, Jamie King, Amaury Nora, Elizabeth A. Barlow. Reporting Structural Equation Modeling and Confirmatory Factor Analysis Results: A Review. The Journal of Educational Research. July/August 2006 [Vol. 99(No. 6)] https://www.researchgate.net/publication/254345399_Reporting_Structural_Equation_Modeling_and_Confirmatory_Factor_Analysis_Results_A_Review

Kaya, Ozgur., Wojciech J. Florkowski , Steven T. Yen , Dong‐Kyun Suh. 2013. Determinants of Decision to Pay a Price Premium for Modified Food in Korea. Agribusiness, an International Journal. 29(2):172-193.

Kenny, D.A., Burcu Kaniskan, and D. Betsy McCoach. 2014. The Performance of RMSEA in Models With Small Degrees of Freedom. Sociological Methods & Research. 44(3):486-507. https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/0049124114543236

Kenny, D. A., & D. Betsy McCoach, 2003. Effect of the number of variables on measures of fit in structural equation modeling. Structural Equation Modeling A Multidisciplinary Journal. 10(3):333–351.

My Nguyen Hoang Diem , Ellen Van Loo , Pieter Rutsaert, Tran Huu Tuan dan Wim Verbeke. 2018. Consumer valuation of quality rice attributes in a developing economy: Evidence from a choice experiment in Vietnam British Food Journal. 120(5):1059-1072. https://www.researchgate.net/publication/323566770_Consumer_valuation_of_quality_rice_attributes_in_a_developing_economy_Evidence_from_a_choice_experiment_in_Vietnam

Schermelleh-Engel, Karin, Helfried Moosbrugger dan Hans Müller. 2003. Evaluating the Fit of Structural Equation Models: Tests of Significance and Descriptive Goodness-of-Fit Measures. Methods of Psychological Research Online. 8(2): 23-74.

Taasoobshirazi, G., Shanshan Wang. 2016. The Performance of the SRMR, RMSEA, CFI, and TLI: An Examination of Sample Size, Path Size, and Degrees of Freedom. Journal of Applied Quantitative Methods. 11 (3):31-39.

Weston, Rebecca and Paul A. Gore Jr. 2006. A Brief Guide to Structural Equation Modeling. The Counseling Psychologist. 34 (5):719-751.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v2i2.1170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.