UJI EFEKTIVITAS PEMBERIAN SERBUK CANGKANG TELUR AYAM DENGAN BERBAGAI MACAM MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN MICROGREENS PAKCOY (Brassica rapa L.)

Yuliani ,, Melissa Syamsiah, Shinta Amelia Arjati

Abstract


Microgreens merupakan sayuran yang sudah dapat dipanen pada saat pembibitan. Microgreens dapat dijadikan solusi pertanian di era modern ini karena tidak menggunakan lahan yang luas. Salah satu tanaman yang dapat dibudidayakan dalam bentuk microgreens yaitu pakcoy (Brassica rapa L.) dengan kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Untuk mendukung pertumbuhan tanaman microgreens yang baik, tentunya hal yang perlu diperhatikan adalah media tanam yang digunakan. Penambahan nutrisi perlu dilakukan agar tumbuh optimal, seperti penambahan serbuk cangkang telur yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk pada microgreens. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penambahan serbuk cangkang telur ayam dengan berbagai macam media tanam terhadap pertumbuhan microgreen pakcoy. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial. Faktor pertama adalah penambahan serbuk cangkang telur yang terdiri dari : C1 (0 g /kontrol), C2  (5 g), C3 (10 g), dan C4 (15 g). Faktor kedua adalah media tanam yang terdiri dari M1: campuran tanah dan kompos, M2 : cocopeat serta M3 : zeolit. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh interaksi antara penambahan serbuk cangkang telur dengan penggunaan beberapa macam media tanam terhadap tinggi tanaman pakcoy. Kombinasi perlakuan terbaik ada di M3C4 (zeolit + cangkang telur 15 g)


Keywords


Microgreen, Brassica rapa L, Serbuk cangkang telur, Media tanam

Full Text:

PDF

References


Aditya, A.R. 2013. Peranan Ekstrak Kulit Telur, Daun Gamal, Bonggol Pisang Sebagai Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabai dan Populasi Aphis Craccivora Pada Fase Vegetatif. Halaman diakses dari http://repository.unhas.ac.id.

Aidha, N. N. 2013. Aktivasi Zeolit Secara Fisika Dan Kimia Untuk Menurunkan Kadar Kesadahan (Ca Dan Mg) Dalam Air Tanah. Jurnal Kimia dan Kemasan, Vol. 35(1), 58–64.

Bahzar, M.H. dan Santosa, M. 2018. Pengaruh nutrisi dan media tanaman terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman Pakcoy Jurnal Produksi Tanaman, 6(7), 1273- 1281

Brazaityte, A., S. Sakalauskiene, A. Virsile, J. Jankauskiene, G. Samuoliene, R. Sirtautas, V. Vastakaite, J. Miliauskiene, P. Duchovskis, A. Noviekovas, and L. Dabasinskas. 2016. The effect of short-term red lighting on Brassicaceae microgreens grown indoors. Acta Horticulturae, 1123, 177–183. https://www.actahort.org/books/1123/1123_25.htm

Dalimoenthe, S. L. (2013). Pengaruh Media Tanam Organik Terhadap Pertumbuhan Dan Perakaran Pada Fase Awal Benih Teh Di Pembibitan. Jurnal Penelitian The dan Kina, Vol. 16(1), 1–12.

Dayanti, Evi. (2017). Pengujian Pupuk OrganikCair Limbah Cangkang Telur AyamRas Pada Pertumbuhan Dan ProduksiTanaman Terung Ungu (Solanum melongena L.). https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/8267

Farmia, Asih. 2020. Pengaruh Beberapa Macam Media Tanam dan Dosis Serbuk Cangkang Telur Ayam terhadap Pertumbuhan Microgreen Brokoli (Brassica oleracea var. Italica Planck). Prosiding Semnas Pembangunan dan Pendidikan Vokasi Politeknik Pembanguan Pertanian

Hayati, E., Sabaruddin, & Rahmawati. (2012). Pengaruh Jumlah Mata Tunas Dan Komposisi Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Setek Tanaman Jarak Pagar (Jatropha Curcas L.). Jurnal Agrista, Vol. 16(3), 129–134.

Kaiser, C. and M. Ernst. 2018. Microgreens. CCD-CP-104. Lexington, KY: Center for Crop Diversification, University Kentucky College of Agriculture, Food and Environment. http://www.uky.edu/ccd/sites/www.uky.edu.ccd/files/microgreens.pdf

Mubarok, S., A, S., Farida, Y, R., & Y, S. 2012. Pengaruh Kombinasi Komposisi Media Tanam Dan Konsentrasi Sitokinin Terhadap Pertumbuhan Aglonema. Jurnal Hortikultura, 22(3), 251–257.

Nurjanah, Susanti, R., & Nazip, K. (2017). Pengaruh Pemberian Tepung Cangkang Telur Ayam (Gallus Gallus Domesticus) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Caisim (Brassica Juncea L.) Dan Sumbangannya Pada Pembelajaran Biologi Sma. 514–528.

Roidah, I. S. (2013). Manfaat Penggunaan Pupuk Organik Untuk Kesuburan Tanah. Jurnal Bonorowo, Vol. 1(1).

Sari, N., Ria Defiani, M., & Luh Suriani, N. (2022). Pemanfaatan Limbah Kulit Bawang Merah (Allium cepa L.) Dan Cangkang Telur Ayam Untuk Meningkatkan Produksi Tanaman Sawi (Brassica rapa Var. Parachinensis L.). 52–63.

Sugiartini, E., Wulandari, F., & Novita Jingga, T. 2020. Pengaruh Penggunaan Jenis Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Pada Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) Pada Sistem Vertiminaponik. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta, 140-149.

Suwardi. 2009. Teknik Aplikasi Zeolit Di Bidang Pertanian Sebagai Bahan Pembenah Tanah. Jurnal Zeolit Indonesia, 8(1), 33-38.




DOI: https://doi.org/10.35194/prs.v5i2.3826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Pro-STek INDEXED BY :

   

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: prostek@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.