PERENCANAAN GEOMETRIK JALAN ALTERNATIF KAWASAN PASAR CIRANJANG KABUPATEN CIANJUR UNTUK MENGURANGI KEPADATAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN NASIONAL CIANJUR – BANDUNG

Yudi Sekaryadi, Devi Setiawan, M Sahrul Majid

Abstract


Pembuatan jalan yang menghubungkan Ciranjang – Sukaluyu yang terletak di Kabupaten Cianjur bertujuan untuk memperlancar arus transportasi, menghubungkan serta membuka keterisoliran antara 2 daerah yaitu Ciranjang – Sukaluyu demi kemajuan suatu daerah serta pemerataan ekonomi. Dalam perencanaan gemetrik jalan pada penulisan ini mengacu pada Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota Tahun 1997 dan Peraturan Perencanaan Geometrik Jalan Raya 1970 yang dikeluarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga. Jenis jalan dari Ciranjang – Sukaluyu merupakan jalan jenis lokal, lebar perkerasan 2 x 3 m dengan bahu jalan 2 x 1 m, dengan kecepatan rencana 50 km/jam. Perkerasan jalan Ciranjang – Sukaluyu menggunakan jenis perkerasan lentur berdasarkan LHR yang ada, antara lain : Surface Course = 5 cm, Base Course = 20 cm, Sub Base Course = 10 cm. Perencanaan jalan Ciranjang – Sukaluyu dengan panjang 1.300 meter memerlukan biaya untuk pembangunan sebesar Rp. 19.178.524.129 dan dikerjakan selama 112 hari.

 

Kata Kunci : Perencanaan Geometrik, Tebal Perkerasan, Rencana Anggaran Biaya


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v2i2.864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.