ANALISIS KECELAKAAN PADA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PROYEK APARTEMEN PORIS 88 TANGGERANG

Wiratna tri Nugraha

Abstract


Dengan  melaksanakan penerapan  K3  di  dalam  pekerjaan  konstruksi    akan  terwujud  perlindungan terhadap seluruh SDM yang terkait dalam pekerjaan konstruksi dari resiko kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang terjadi pada waktu melakukan pekerjaan di tempat kerja. Pelaksanaan K3 diharapkan akan tercipta tempat kerja yang aman, sehat, nyaman, dan tenaga kerja produktif. Pada kasus proyek pembangunan Apartement Poris 88 Tangerang, dimana PT. Nusantara Almasia Tangerang   selaku Owner, PT. Gading Megah Jaya Jakarta Timur selaku kontraktor, dan PT. Cipta Sukses Jakarta Utara selaku konsultan melaksanakan kegiatan proyek tersebut dari Juli 2015 sampai Juni 2016 pada T ahap I- III. Proyek ini memperkerjakan staf karyawan 25 orang dan jumlah pekerja ± 150 orang. Penerapan dan proses K3 SDM, K3 alat material, dan K3 lingkungan proyek, pada Proyek Apartement Poris 88 Tangerang  berlangsung secara cukup baik.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) pada Proyek Apartement Poris 88 Tangerang antara lain:

Kecelakaan yang terjadi pada Proyek Apartemen Poris 88 Tangerang diantaranya adalah luka kecil seperti tertusuk paku, tergores dan luka berat terkena zat additif dan terkena kaitan bucket.

Dari penelitian tersebut penyusun mendapatkan kesimpulan bahwa Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) pada Proyek Apartement Poris 88 Tangerang tidak begitu baik di karenakan kelalaian pekerja yang tidak begitu mematuhi peraturan yang sudah di buat. Maka di harapkan para pekerja lebih berhati – hati dan APD di gunakan dengan baik.

 

Kata kunci : K3, kecelakaan, proyek, apartemen

Full Text:

PDF

References


https://id.wikipedia.org/wiki/Kesehatan_dan_keselamatan_kerja http://learnmine.blogspot.com/2015/04/keselamatan-dan-kesehatan-kerja.html

http://sistemmanajemenkeselamatankerja.blogspot.com/2013/09/pengertian- kecelakaan-kerja-dan-insiden.ht

http://www.gajimu.com/main/pekerjaan-yanglayak/keselamatan-dan-kesehatan- kerja/pertanyaan-mengenai-k

http://www.slideshare.net/LadiieAdoniia/ruang-lingkup-kesehatah-keamanan-dan- keselamatan-kerja

http://www.academia.edu/5417700/HUKUHUKUM_KESEHATAN_DAN_KESELAMATAN_KERJA_K3_Ma

http://digilib.uinsuka.ac.id/13319/2/BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Penerapan (K3L) Keselamatan Kesehatan Kerja Dan Lingkungan Pada Pelaksanaan

Proyek Konstruksi Tower. -pondasi.html

http://pu.bantulkab.go.id/berita/96-kolom-bangunan-pengertian-jenis-dan-fungsinya




DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v1i01.508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.