STUDI KARAKTERISTIK PENATAAN PARKIR PADA JALAN MANGUNSARKORO KABUPATEN CIANJUR

Yudi Sekaryadi, Devi Setiawan

Abstract


Wilayah Kabupaten Cianjur merupakan daerah yang cukup strategis karena berbatasan dan dekat dengan kota-kota besar. Kabupaten Cianjur merupakan daerah yang sedang berkembang terutama di bidang perdagangan. Dengan berkembangnya di bidang perdagangan, maka jumlah penduduk di Cianjur semakin meningkat sesuai dengan kebutuhan akan kehidupan sehari-hari. Di jalan mangunsarkoro merupakan kawasan perdagangan yang dilengkapi dengan prasarana perpakiran yang memadai sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan badan jalan sebagai tempat parkir.

Penelitian ini menggunakan metode survai lapangan  dengan melakukan pengamatan secara langsung, Pengamatan langsung dilakukan dengan pencatatan secara manual data masuk kendaraan dan keluar kendaraan Analisis penelitian menggunakan microsoft excel.

Dari analisis didapat Kebutuhan luas Ruang Parkir pada jalan mangunsarkoro  adalah 688,5 m² untuk sepeda motor sedangkan untuk mobil 1437 m². Dan juga hasil kebutuhan ruang parkir yang di dapat yaitu untuk motor 454 ruang , untuk mobil di dapat 125 ruang.

 

Kata kunci :  akumulasi,volume parkir, indeks parkir, durasi parkir, ruang parkir

Full Text:

PDF

References


Anonim, 1993, Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan

Departemen Perhubungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat,1993. Penyelenggaraan Fasilitas Parkir,

Departemen Perhubungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat , 1993.Rancangan Pedoman Teknis Pembangunan dan Penyelenggaraan Angkutan Penumpang dan Barang )




DOI: https://doi.org/10.35194/momen.v4i2.1907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL



JURNAL MOMEN TEKNIK SIPIL INDEXED BY :

 

 

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

This license lets others remix, tweak, and build upon your work non-commercially, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms.