Pengaruh Metode Audiovisual Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Penguasaan Teknik Dollyo Chagi

Taupik Rochman, Vickry Maulana Yusuf, Agung Brata Wijaya

Abstract


Pentingnya penguasaan teknik dollyo chagi bagi atlet tae kwon do menjadi latar belakang penelitian ini, mengingat teknik tersebut merupakan salah satu teknik dasar yang memiliki tingkat kesulitan yang tidak terlalu tinggi namun sangat efektif untuk menghasilkan angka dalam pertandingan. Proses latihan merupakan salahsatu kunci utamanya apalagi didukung dengan penggunaan model latihan yang tepat, karena itu penulis tertarik untuk membandingkan secara ilmiah antara metode audiovisual dengan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi siswa laki-laki kelas VII MTs. I’anatut Thalibin, dan sampelnya adalah semua siswa laki-laki yang mengikuti ektrakurikuler tae kwon do yang berjumlah 20 orang. Hasil analisis data yang diperoleh, menunjukan bahwa latihan teknik dollyo chagi dengan menggunakan metode audiovisual maupun metode demonstrasi sama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan dollyo chagi. Dihitung dengan uji signifikan perbedaan dua rata-rata satu pihak diperoleh perbedaan pengaruh yang signifikan dari kedua bentuk latihan tersebut dan dapat disimpulkan bahwa latihan yang menggunakan metode audiovisual memberikan pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan dengan latihan yang menggunakan metode demonstrasi terhadap penguasaan dollyo chagi.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri, Syaiful dan Anwan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiwanto, Setyo, (2003) . Jurnal Iptek Olahraga : Prosedur Menyusun Tes Keterampilan Olahraga. Jakarta: Pusat Pengkajian dan Pengembangan IPTEK Olahraga (PPPITOR).

Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: CV Tambak Kusuma.

Harsono. (2004). Perencanaan Program Latihan. Bandung: FPOK-UPI.

Kurniawan, A. (2018). Hubungan Power Tungkai Dan Power Lengan Terhadap Hasil Spike Dalam Permainan Bola Voli. Maenpo, 8(1), 66. https://doi.org/10.35194/jm.v8i1.918

Rivan Syukur, M., & Kastrena, E. (2019). Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan Dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Hasil Smash. Maenpo, 9(1), 23. https://doi.org/10.35194/jm.v9i1.905

Suherly Dina Saputra, A., & Syamsul taufik, M. (2019). Korelasi Antara Motor Ability Dengan Keterampilan Dasar Bermain Bola Voli Pada Siswa Berusia 18-19. Maenpo, 9(1), 30. https://doi.org/10.35194/jm.v9i1.906

MS.Taufik (2018). MENINGKATKAN TEKNIK DASAR DRIBBLING SEPAKBOLA MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN. MAENPO, 8(1), 26.

Winnico, MG Gaos, M. T. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN SHOOTING KAKI BAGIAN DALAMMELALUI AUDIO-VISUAL. MAENPO, 09(1), 1–7.

Kim Un Yong. (1995). Kukkiwon Tae Kwon Do Text Book. On Sung Publishins Company.

Ma’mun, Amung. (1996). Teori Belajar Motorik. Bandung: FPOK IKIP Bandung.

Nurhasan. (1998). Hand Out Statistik. Bandung: FPOK-UPI.

Nurhasan. (1999). Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Bandung: FPOK.

Nurhasan. (2000). Pengembangan Sistem Pembelajaran Modul Mata Kuliah Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Bandung: FPOK-UPI.

Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: ALFABETA.

Sadiman, Arief. (2005). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.

Sujana dan Rivai. (1989). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suryadi, Yoyok. (2003). Tae Kwon Do Poomse Tae Geuk. PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v10i1.942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MAENPO

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :

 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.