Meningkatkan Waktu Aktif Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Ega Trisna Rahayu, nen eng

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai “Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dalam Upaya Meningkatkan Waktu Aktif Belajar Siswa”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (The Classroom Action Research). Dalam desain yang di gunakan adalah model siklus yang meliputi langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Populasi yang di gunakan dengan cara purposiv sampel, sebanyak 32 siswa kelas III. Instrument yang digunakan adalah berupa catatan lapangan (Duration Recoding) yaitu penggunaan waktu aktif belajar pendidikan jasmani melalui observasi dengan rerata 55% sehingga di tentukan target capaian dengan rerata 80%. Berdasarkan peneltian pada siklus I (Tindakan I, II dan III) 80,43%, dikarenakan sudah melampaui target penelitian di cukupkan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisi data maka di peroleh kesimpulan pemanfaatan media pembelajaran pendidikan jasmani cukup berarti terhadap peningkatan waktu aktif belajar siswa SDN Sarimulya 1 Kecamatan Kota Baru Kabupaten Karawang.


Keywords


Kesadaran Diri, Kesehatan Mental.

Full Text:

PDF

References


Agus, Mahendra (2006), Azas dan Falsafah pendidikan jasmani. Bandung : FPOK, UPI

Arikunto, Dkk. (2008), Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Arsyad, Dkk. (2002). Media pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Muhamad Syamsul Taufik, Muhamad Guntur Gaos, 2019/11/1 Peningkatan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Dengan Penggunaan Media Audio Visual Jurnal, Jp. jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Jilid 3, 1 hlm. 43-54

Rahayu, Ega Trisna. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung : Alfabeta.

Rusli, Lutan. (1997), Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Depdikbud, Universitas Terbuka.

Sadiman, Dkk. (1993). Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Samsudin (2008), pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jakarta : PT Fajar Interpratama.

Samsudin. (2005). Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Sekolah Dasar. Jakarta : PT Fajar Interpratama

Suharsimi, Arikunto (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekantan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Suherman, Adang. (1998). Revitalisasi Keterlantaran Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung : IKIP Bandung Press.

Yoyo, Bahagia (2003), Pengembangan Media Pengajaran Penjas. Jakarta : Direktorat Pendidikan Luar Biasa.

Yusuf, Hidayat (2007), Bahan Ajar Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : FPOK, UPI




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v9i2.910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :


 
 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Copyright © Journal MAENPO by UNIVERSITAS SURYAKANCANA  Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id jurnal maeanpo by https://jurnal.unsur.ac.id/maenpo licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.