Peningkatan Keterampilan Shooting Kaki Bagian dalam Melalui Audio-Visual kepada Siswa Kelas X Smk Pgri 3 Otomotif Cianjur

Winnico Septiadi, Muhamad Guntur GS, Muhamad Syamsul Taufik

Abstract


Dari pengalaman yang dirasakan guru kurang maksimal dalam mencontohkan gerakan pada saat pembelajaran penjaskes di sekolah. Selain itu pada saat mengajar guru penjaskes belum pernah menggunakan media pembelajaran berupa media audio visual. Penyampaian materi yang dilakukan selama ini dalam proses mengajar hanya mempraktikkan sendiri contoh gerakan yang akan dilakukan, selanjutnya siswa mengikuti atau mencontoh apa yang disampaikan. Hasil wawancara dengan beberapa siswa yang telah mengikuti pelajaran olahraga materi sepak bola menyatakan bahwa, menurut mereka materi sepak bola sebenarnya tidaklah sulit dari materi lainnya, namun dikarenakan penyampaian materi oleh guru kurang menarik dan terasa monoton membuat siswa merasa jenuh dan tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru, sehingga apa yang diajarkan oleh guru tidak diserap dengan baik oleh siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dengan sempel yang diteliti sebanyak 26 siswa dengan menggunakan media pembelajaran audio-visual. Berdasarkan pengolahan dan analisis dapat dikemukan hasil penelitian ini mulai dari prasiklus sampai dengan siklus II ada perubahan peningkatan.

 

 


Keywords


shooting kaki media audio-visual.

Full Text:

PDF

References


Prof. Dr. Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualititatif, dan R&D).

Dani Mielke. (Bandung 2009). “dasar – dasar sepakbola “. Artikel, hlm 75

Muna Aprilianto, Tomoliyus. (2016, April). Jurnal Keolahragaan.”pengembangan model bermain sepak bola untuk meningkatkan aspek psikologi anak usia 13- 14 tahun di Yogyakarta”. Volume 4 – Nomor 1, hlm 40.

Michael Johanes. H Louk, Pamuji Sukoco. (April 2016). “pengembangan audio- visual dalam pembelajaran keterampilan motoric kasar pada anak tunagrahita ringan”. Jurnal, hlm 24-33.

Ramos Triyudho. (2017). Meningkatkan pembelajaran teknik shooting dalam permainan sepakbola menggunakan model pembelajaran team geam tournament siswa kelas X IPS 2 SMA NEGRI 1 Kabawetan. (Skripsi). Universitas Bengkulu.

Riza Nugraha. (2017). Peningkatan keterampilan shooting kaki bagian dalam permainan sepak bola melalui modifikasi alat bantu bola sepak. (Skripsi), Universitas Suryakancana, Cianjur.

Solihin. (Agustus 2010). “menendang dengan kaki bagian dalam”. Artikel, hlm 66.

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia. (2017). Kurikulum pembinaan sepakbola a seluruh Indonesia. Jakarta selatan : PSSI.

Wina Sanjaya, (Jakarta 2011). “perencanaan dan desain system pembelajaran”. Artikel, hlm 211

Muhamad Syamsul Taufik, Muhamad Guntur Gaos, (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL., Jp. jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jilid 3 Terbitan 1 Halaman 43-54




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v9i1.900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :


 
 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Copyright (c) Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.