Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Kelas Olahraga Khusus Di SMA N 1 Sukabumi

Yusep Permana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui program pembinaan prestasi kelas khusus olahraga yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Kota Sukabumi dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process dan Product).  Dengan menggunakan metode CIPP yang dikemukan oleh Daniel L. Stuflebeam yaitu evaluasi pada Context pembahasan mengenai latar belakang program dan tujuan program pembinaan. Evaluasi Input pembahasan mengenai penerimaan atlet, pelatih, dana, sarana dan prasarana. Evaluasi Process pembahasan mengenai pelaksanaan program latihan, konsumsi/gizi, koordinasi dan komunikasi. Evaluasi Product yaitu mengenai hasil capaian prestasi yang di dapat pada pembinaan prestasi kelas khusus olahraga SMA Negeri 1 Kota Sukabumi. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, pengamatan (observasi) dan studi dokumentasi yang didapat peneliti bahwa program pembinaan prestasi olahraga kelas khusus olahraga SMA Negeri 1 Kota Sukabumi Pentingnya komunikasi dan koordinasi dari stakeholder olahraga belum berjalan sesuai harapan dalam mencari donatur baik pihak pemerintah daerah dan swasta.  Kesimpulan bahwa:(1) Program pembinaan prestasi olahraga kelas khusus olahraga dapat dijadikan model pembinaan prestasi di sekolah umum,.

Full Text:

PDF

References


Adi, R., & Muhamad, S. T. (2020). Technology Innovation and Learning Media in Industrial Revolution Era 4 . 0 ( Blended Learning ) in Physical Education. 120–122.

Daniel L. Stufflebeam, Evaluation: Theory, Model, Application, San Francisco: CA Whiley, 2007.

Djaali dan Pudji Mujiono, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: Grassindo, 2001.

Guntur Gaos, M., Taufik, M. S. (2019). Meningkatkan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Melalui Modifikasi Permainan. Maenpo, 8(1), 14.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007, tentang Penyelenggaraan Keolahraga, Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga, 2011.

Rusli Lutan, Pedoman Perencanaan Pembinaan Olahraga, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Samsul Hadi dan Mutrofin, Pengantar Metode Riset Evaluasi, Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2006.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta, 2005.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rieneka Cipta, 2010.

_______, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

https://doi.org/10.35194/jm.v8i2.925

Taufik, M. S. (2018). Meningkatkan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Melalui Modifikasi Permainan. MAENPO, 8(1), 26.




DOI: https://doi.org/10.35194/jm.v10i2.1123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal MAENPO: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/


Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi INDEXED BY :

 
https://jurnal.unsur.ac.id/public/site/images/anitailmaniati/
Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.